Pengaruh pengetahuan akuntansi dan komunitas usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi oleh pelaku usaha mikro : studi pada DPD Himpunan Pengusaha Santri Kota Semarang

Nursanti, Herliani (2019) Pengaruh pengetahuan akuntansi dan komunitas usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi oleh pelaku usaha mikro : studi pada DPD Himpunan Pengusaha Santri Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046042_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046042_Lengkap)
1505046042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian negara. Bersumber dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, jenis usaha mikro mendominasi jumlah unit usaha, penyerapan tenaga kerja, dan produk domestik bruto (PDB) dibandingkan dengan usaha kecil maupun usaha menengah. Hal tersebut dapat diartikan bahwa usaha mikro memiliki peran lebih banyak dibandingkan usaha kecil dan usaha menengah. Rendahnya penggunaan informasi akuntansi oleh usaha mikro menjadi tantangan dibalik peran strategis yang dimiliki. Penggunaan informasi akuntansi dapat memberikan informasi penting kinerja perusahaan untuk mengantisipasi kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan akuntansi dan komunitas usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi oleh pelaku usaha mikro.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data primer. Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha mikro yang tergabung di DPD HIPSI Kota Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel diperoleh sebanyak 71 pemilik usaha dengan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan menggunakan intrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS.
Uji t menunjukkan masing-masing variabel memiliki pengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi dengan nilai signifikansi diperoleh kurang dari 0,05. Variabel-variabel tersebut yaitu pengetahuan akuntansi sebesar 0,432 atau 43,2% dan komunitas usaha sebesar 0,300 atau 30%. Besarnya persentase tersebut menunjukkan besarnya pengaruh variabel independen terhadap pengaruh dependen. Uji F didapatkan nilai sebesar 45,970 dengan probabilitas 0,000 atau dapat dikatakan bahwa pengetahuan akuntansi dan komunitas usaha secara bersama berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,562 atau 56,2%. Hal ini berarti 56,2% variabel penggunaan informasi akuntansi dapat dijelaskan oleh pengetahuan akuntansi dan komunitas usaha dan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar model. Dengan kata lain, hipotesis pertama (H1) dan hipotesis kedua (H2) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggunaan informasi akuntansi; Pengetahuan akuntansi; Komunitas usaha; Pelaku usaha mikro
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:47
Last Modified: 03 Jun 2021 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10769

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics