Analisis aplikasi simpan pinjam pada bank sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal dalam memberdayakan ekonomi umat

Safitri, Nungki (2019) Analisis aplikasi simpan pinjam pada bank sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal dalam memberdayakan ekonomi umat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132411043_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132411043_Lengkap)
132411043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan di Indonesia menjadi masalah yang penting dari dahulu sampai sekarang, salah satu cara yang ditempuh mengatasi kemiskinan dan pengangguran adalah memberdayakan masyarakat. Pemberdayaan ekonomi masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan mengembagkan program Bank Sampah, sebagaimana yang dilakukan oleh Bank Sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal. pemberdayaan melalui program bank sampah dilakukan agar masyarakat memiliki kegiatan dengan mengelola sampah dan menabungnya sehingga sehingga aktivitas kesehariaannya bernilai ekonomi dan menyehatkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksaaan simpan pinjam pada Bank Sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal dalam memberdayakan ekonomi umat?. 2) Faktor pendukung dan penghambat apa saja aplikasi simpan pinjam pada Bank Sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal dalam memberdayakan ekonomi umat?. 3) Bagaimana perspektif ekonomi Islam terhadap aplikasi simpan pinjam pada Bank Sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal dalam memberdayakan ekonomi umat?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data primer diperoleh dari pimpinan dan staf Bank Sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal juga masyarakat. Data sekunder berupa buku, artikel dan jurnal yang membahas tentang tema penelitian ini. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan simpan pinjam pada Bank Sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal dalam memberdayakan ekonomi umat dilakukan dengan merencanakan program kerja dan adanya sosilisasi, dilanjutkan beramai-ramai menyetorkan sampah ke bank sampah setiap 2 minggu sekali. selain itu nasabah diperbolehkan melakukan pinjaman untuk modal usaha daur ulang sampah. 2) Faktor pendukung aplikasi simpan pinjam pada Bank Sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal dalam memberdayakan ekonomi umat terkait kegigihan pengelola dalam melakukan sosialisasi, adanya soliditas pengurus dan respon masyarakat bagus, masayarakat memiliki satu komitmen visi misi bebas sampah, motivasi masyarakat yang ingin mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah, sedangkan faktor penghambatnya masyarakat yang belum memiliki kesadaran dalam menyikapi permasalahan sampah, terbatasnya jumlah pengelola dalam hal pengambilan sampah rumah tangga, terbatasnya ketersediaan kendaraan untuk mengambil sampah warga dan kendala waktu dan kesibukan masing-masing nasabah sehingga tidak bisa maksimal dalam mengikuti kegiatan di bank sampah. 3) Perspektif ekonomi Islam terhadap aplikasi simpan pinjam pada Bank Sampah Nurul Hikmah Tuwel Bojong Tegal dalam memberdayakan ekonomi umat secara maddi telah mampu meningkatkan perekonomian kelompok yang menjadi anggota bank sampah, Secara ma’nawi terjaganya lingkungan, daerah yang ditempatinya akan nyaman, bebas dari penyakit yang berasal dari sampah, adanya rasa saling membantu sesama anggota sehingga terjadi kesejahteraan umat secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Simpanan ; Bank Sampah ; Pemberdayaan ; Ekonomi Umat ; Islam dan Ekonomi; Jual Beli (Islam); Muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:50
Last Modified: 02 Mar 2020 09:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics