Pemanfaatan instagram sebagai sarana promosi pemasaran produk Umama Scarf Cabang Semarang dalam menghadapi persaingan bisnis

Finesti, Yuliana (2019) Pemanfaatan instagram sebagai sarana promosi pemasaran produk Umama Scarf Cabang Semarang dalam menghadapi persaingan bisnis. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1405026194_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1405026194_Lengkap)
1405026194.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat dengan hadirnya instagram telah merubah cara interaksi sosial dalam komunikasi pemasaran. Tingginya pengguna instagram di dunia maupun di Indonesia menjadikan media ini sebagai sarana memasarkan produk suatu perusahaan, salah satunya adalah Umama Scarf Cabang Semarang. Kajian ini dilatarbelakangi adanya media instagram sebagai sarana pemasaran yang menunjang banjirnya order dari Umama Scarf Cabang Semarang. Akan tetapi disini peneliti menumukan adanya hal yang berlainan dengan teori dalam hal pemasaran. Judul dari penelitian ini adalah “Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Pemasaran Produk Umama Scarf Cabang Semarang dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan instagram dalam penerapan strategi pemasaran Umama Scarf Cabang Semarang.
Rumusan masalahnya adalah bagaimana promosi pemasaran produk Umama Scarf dalam menhadapi persaingan bisnis melalui pemanfaatan instagram, bagaimana promosi pemasaran produk Umama Scarf dalam menhadapi persaingan bisnis melalui pemanfaatan instagram dalam perspektif islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan
jenis sumber data skunder yang didapat dengan menggunakan dokumen dan
sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi terhadap
perusahaan Umama Scarf Cabang Semarang. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi pemasaran
internet (internet marketing) yang diterapkan oleh Umama Scarf Cabang semarang yaitu melalui jejaring sosial (social media) instagram menggunakan promotionmix yaitu periklanan, humas dan publikasi, promosi penjualan, penjualan pribadi, penjualan langsung. Kelebihan dan kekurangan penggunaan internet (social media) dalam penerapan strategi promosi pada Umama Scarf sebagai berikut: Media promosi intensif yang terjangkau tapi dapat menjangkau.
Maksudnya biaya promosinya murah tapi efeknya luas dari berbagai kalangan dan juga daerah. Pelanggan pun bisa akses inforomasi tentang Umama Scarf Cabang Semarang dengan mudah. Sehingga menjadi media pendekatan yang efektif antara perusahaan dengan pelanggan. Setiap media sosial yang digunakan mempunyai karakteristik berbeda yang dapat dioptimalkan dengan baik. Customer Service tidak mampu menjawab semua pertanyaan yang masuk karena banyaknya pesan, sehingga harus memilah pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu. Adanya akun-akun yang mengatasnamakan Umama Scarf dan perusahaan ini haruslah menambah tenaga ahli untuk melengkapi pemasarannya melalui instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran ; Promosi ; Instagram; Pemasaran; Manajemen Penjualan; Bisnis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:10
Last Modified: 02 Mar 2020 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics