Implementasi wakaf uang di KSPPS Mitra Anda Sejahtera Semarang dan fungsinya bagi kesejahteraan masyarakat

Mufidah, Syifa’ (2019) Implementasi wakaf uang di KSPPS Mitra Anda Sejahtera Semarang dan fungsinya bagi kesejahteraan masyarakat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1605026126_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605026126_Lengkap)
1605026126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ekonomi Islam adalah ekonomi yang diatur berdasarkan prinsip Islam.Segala aturan yang telah ditentukan oleh Allah pasti memiliki pengaruh yang baik.Salah satunya adalah wakaf.Wakaf adalah sesuatu yang kekal.Artinya barang atau harta yang diwakafkan haruslah abadi dan kekal sehingga dapat terus menerus memberikan kemanfaatan bagi manusia.Seiring bejalannya waktu wakaf mengalami inovasi dari yang dulunya hanya sebatas tanah, masjid, sumur, sekolah ataupun harta/ bangunan mati yang tidak dapat begerak lainnya menjadi uang yang dapat diputar, dikelola, dan betambah kebermanfaatannya.Inovasi wakaf uang ini bertujuan memudahkan dan mengikuti perkembangan zaman yang menuntut lebih praktis.Wakaf uang dinilai lebih produktif.
Pada penelitian ini penulis membahas tentang bagaimana penghimpunan wakaf uang, pengelolaan wakaf uang dan penyaluran dari hasil wakaf uang.Objek penelitiannya adalah salah satu lembaga keuangan syariah di Semarang yaitu Baitul Maal KSPPS Mitra Anda Sejahtera.Wakaf uang dikelola sehingga menghasilkan keuntungan atau kemanfaatan yang dapat memberikan pengaruh bagi kesejahteraan masyarakat.Metode yang digunakan adalah field research dan jenis penelitiannya adalah kualitatif.Penelitian ini bersifat deskriptif.
Penelitian ini terdiri dari lima bab, yaitu bab pertama merupakan pendahuluan, bab kedua merupakan landasan teori yang membahas mengenai wakaf dan kesejahteraan masyarakat, bab ketiga merupakan gambaran umum mengenai lembaga objek penelitian, bab empat merupakan analisis mengenai peneilitian yang ditulis, dan bab kelima merupakan kesimpulan dan saran.
Penghimpunan wakaf uang dilakukan dengan mensyiarkan atau mempromosikan, melakukan edukasi kepada masyarakat tentang wakaf uang, dan bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain. Pengelolaan wakaf uang dilakukan dengan memutarkan dana yang telah terhimpun untuk usaha atau investasi yang kemudian menghasilkan keuntungan. Dari keuntungan tersebut, hasilnya akan disalurkan kepada masyarakat atau lingkungan yang membutuhkan. Penyaluran wakaf uang ini dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.
Kesejahteraan yang diberikan dari hasil wakaf uang yaitu berupa kesehatan, pendidikan, kebutuhan rumah tangga, bantuan bencana, dan kebutuhan spiritual masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: wakaf uang ; penghimpunan ; pengelolaan : penyaluran; Wakaf; Amal Jariyah: Ibadah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:16
Last Modified: 02 Mar 2020 10:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics