Azizah, Fatkhul (2019) Analisis strategi pemasaran home industry : studi kasus di Pisang Aroma Rajawali Gesing Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132411187_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132411187_Lengkap)
132411187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Oleh sebab itu strategi pemasaran menjadi lebih penting bagi perusahaan untuk terus mencapai keuntungan dalam setiap industri. Home Industri Pisang Aroma Rajawali merupakan salah satu produsen makanan ringan. Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pemasar untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasarannya dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan.
Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran (marketing mix) yang diterapkan pada Home Industry Pisang Aroma Rajawali Temanggung ? 2) Bagaimana penerapan prinsip dan karakteristik etika bisnis Islam pada Home Industry Pisang Aroma Rajawali Temanggung? Maka tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran pada Home Industri Pisang Aroma Rajawali Temanggung. 2) Untuk mengetahui prinsip dan karakteristik etika bisnis Islam pada Home Industry Pisang Aroma Rajawali Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengambil objek di Home Industry Pisang Aroma Rajawali Temanggung. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis Strategi Pemasaran Marketing Mix pada Home Industry Pisang Aroma Rajawali Temanggung.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat di simpulkan bahwa strategi pemasaran Home Industry Pisang Aroma Rajawali menggunakan marketing mix yaitu product, place, price dan promotion. Penerapan karakteristik pemasaran Islami yang diterapkan Home Industry Pisang Aroma Rajawali adalah ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-Waqi’iyah), dan humanistis (al-Insaniyah). Karakteristik etika bisnis yang diterapkan Home Industry Pisang Aroma Rajawali adalah jujur, amanah, bersikap melayani dan rendah hati, tidak suka berburuk sangka (Su’uzh-dzann) dan tidak lupa akan adanya akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Home industry; Marketing mix; Pemasaran Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:16
Last Modified: 03 Mar 2020 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10796

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics