Implementasi fatwa DSN-MUI nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang hadiah dalam penghimpunan dana lembaga keuangan syariah pada produk Si Wadiah di BMT Al-Hikmah Ungaran

Rahmah, Nahla Nadira (2019) Implementasi fatwa DSN-MUI nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang hadiah dalam penghimpunan dana lembaga keuangan syariah pada produk Si Wadiah di BMT Al-Hikmah Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015021_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015021_Lengkap)
1605015021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lembaga Keuangan Syariah (LKS) melakukan salah satu strategi berupa pemberian hadiah guna menarik minat anggota agar semakin meningkatkan kepercayaan dan loyalitas. Hadiah tersebut diberikan sebagai apresiasi dan bentuk terima kasih kepada anggota. Pada BMT Al-Hikmah Ungaran, terdapat salah satu produk unggulan, yaitu Si Wadiah, yang merupakan kependekan dari Simpanan Wajib Berhadiah. Produk ini menggunakan akad wadiah, di mana LKS boleh memberikan bonus kepada anggota. Di BMT Al-Hikmah Ungaran, bonus tersebut berupa hadiah yang dibagikan dengan cara pengundian. Berkaitan dengan hal ini, terdapat ketentuan tentang pemberian hadiah yang termaktub dalam fatwa DSN-MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang Hadiah dalam Penghimpunan Dana Lembaga Keuangan Syariah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana mekanisme pemberian hadiah di BMT Al-Hikmah Ungaran pada produk Si Wadiah? (2) Bagaimana implementasi fatwa DSN-MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang Hadiah dalam Penghimpunan Dana Lembaga Keuangan Syariah pada BMT Al-Hikmah Ungaran? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi/penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di BMT Al-Hikmah Ungaran. Adapun data yang diperoleh dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dirangkum, dipilih kemudian dianalisis dengan teknik analitis secara kualitatif (deskriptif analitis).
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Mekanisme pemberian hadiah di BMT Al-Hikmah Ungaran pada produk Si Wadiah menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah, dengan takaran bonus yang tidak dapat ditentukan persentasenya. Bonus tidak diberikan setiap bulan, melainkan diberikan pada bulan ke-25 dalam bentuk hadiah yang dibagikan dengan cara diundi. Syarat dan ketentuan dalam produk ini ialah menjadi anggota BMT Al-Hikmah Ungaran, membayar biaya administrasi, dilaksanakan perkelompok (satu kelompok terdapat 100 anggota), dan jangka waktu menabung selama 24 bulan. (2) Implementasi fatwa DSN-MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang Hadiah dalam Penghimpunan Dana Lembaga Keuangan Syariah pada BMT Al-Hikmah Ungaran terdapat beberapa ketentuan yang sesuai dan tidak sesuai. Ketentuan yang sesuai ialah mengenai sumber dana, penentuan penerima hadiah, cara pemberian hadiah, serta syarat dan ketentuan hadiah dalam simpanan dana pihak ketiga. Ketentuan yang tidak sesuai ialah perihal wujud/bentuk hadiah karena terdapat hadiah berupa uang, yaitu tabungan Si Rela senilai Rp500.000,-. Selanjutnya, waktu pemberian hadiah produk Si Wadiah diberikan pada akhir periode, yaitu pada bulan ke-25, serta adanya perjanjian hadiah di awal akad. Selain itu, pemberian hadiah dilakukan setiap tahun. Hal ini menunjukkan kelaziman atau ‘urf, sedangkan dalam fatwa DSN-MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang Hadiah dalam Penghimpuna Dana Lembaga Keuangan Syariah terdapat larangan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Syariah (LKS); Hadiah; Simpanan Wajib Berhadiah; Fatwa DSN-MUI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:20
Last Modified: 05 Jun 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10798

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics