Analisis penilaian agunan benda bergerak terhadap pemberian pembiayaan jangka panjang BPRS Binasia Kantor Kas Mijen

Nur’aini, Nur’aini (2019) Analisis penilaian agunan benda bergerak terhadap pemberian pembiayaan jangka panjang BPRS Binasia Kantor Kas Mijen. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015116_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015116_Lengkap)
1605015116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. BPRS BINA FINANSIA berada ditengah Kota Provinsi yang terletak di Jalan Arteri Soekarno - Hatta No.9 Kota Semarang. BPRS(Bank Pembiayaan Rakyat Syariah) merupakan bank yang menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Yang salah satunya menyalurkan dananya ke nasabah untuk Usaha Mikro Kecil Menengah . Dalam memberikan pembiayaan kepada nasabah tentunya pihak Bank menganilisis menggunakan prinsip 5C, yaitu Character, Capacity, Capital, Condition, dan Collateral. Penilitian yang dilakukan penulis untuk lebih meneliti pada Collateral yang artinya agunan atau jaminan. Dalam pembiayaan sangat diperlukan jaminan nasabah kepada Bank untuk mendapatkan pembiayaan tersebut. Dengan tujuan menganalisa agunan, bagaimana pihak bank menganalisa agunan benda bergerak untuk pemberian pembiayaan jangka panjang serta menganalisa dampak bagi pihak BPRS dan nasabah funding.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan ekonomi dan sosialiasi. Adapun sumber data yang diperoleh penulis adalah data yang didapatkan langsung dari pihak BPRS BINASIA dan wawancara kepada beberapa karyawan di Kantor Kas Mijen dan Tembalang. Selanjutnya riset dengan metode observasi, pengamatan, wawancara dan dokumentasi di salah satu kantor kas BPRS BINASIA terutama di Kantor Kas Mijen.
Dalam penelitian ini memperoleh hasil bagaimana cara menganalisa jaminan benda bergerak terhadap pemberian pembiayaan jangka panjang yang diberikan dari nasabah ke pada bank untuk mendapatkan pembiayaan. Jaminan atau agunan benda bergerak mampu mengcover nilainya sebesar 70% setelah pengurangan dari biaya penyusutan. Alasan penulis membahas agunan benda bergerak ini karena benda bergerak semakin bertambah tahun akan mengalami penyusutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian agunan; Benda bergerak; Pembiayaan; Jangka panjang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:31
Last Modified: 05 Jun 2021 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10801

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics