Bimbingan dan konseling Islam dalam menangani kenakalan remaja di SMK Islam Jepara

Fitriyanti, Laily (2019) Bimbingan dan konseling Islam dalam menangani kenakalan remaja di SMK Islam Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_121111053_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_121111053_Lengkap)
121111053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Laily Fitriyanti (121111053) dengan judul ”Bimbingan dan Konseling Islam dalam Menangani Kenakalan Remaja di SMK Islam Jepara”.
Penelitian ini membahas tentang keberadaan bimbingan dan konseling di SMK Islam Jepara yang merupakan salah satu usaha sekolah dalam membantu peserta didik menangani segala permasalahan, agar peserta didik dapat berprestasi dan dapat meningkatkan motivasi belajarnya serta dapat berkembang secara optimal, sehingga visi dan misi sekolah dapat terealisasi sesuai dengan harapan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja di SMK Islam Jepara 2) Untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam di SMK Islam Jepara. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu triangulasi. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, siswa-siswi, guru kelas dan kepala sekolah.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus yaitu menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok individu. Sumber dan jenis data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer guru BK, siswa-siswi, guru kelas dan kepala sekolah. Sumber data sekunder yang diperoleh yaitu buku pelanggaran tata tertib sekolah, hasil wawancara melalui catatan tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dengan induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk kenakalan remaja di SMK Islam Jepara yaitu bentuk kenakalan ringan meliputi mencontek, membolos. Kenakalan sedang meliputi bersikap tidak sopan kepada teman dan guru, merokok, ramai dalam jam pelajaran berlangsung. Kenakalan berat meliputi mencuri, perkelahian antar siswa, kelompok dan sekolah, menentang orang tua, hubungan lain jenis antar lawan. (2) Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Kenakalan Remaja di SMK Islam Jepara yaitu menggunakan layanan konseling individu sebagai upaya penanganan kenakalan remaja di SMK Islam Jepara dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu: (a) memanggil siswa yang melakukan pelanggaran ke ruang BK (b) menanyakan alasan siswa kenapa melakukan pelanggaran (c) memberikan pengarahan (d) memberikan sanksi agar siswa tidak mengulangi perilaku tersebut guna memberikan efek jera, dan (e) apabila masalah yang ditimbulkan oleh siswa termasuk kedalam tindakan kriminal-kekerasan, maka pihak sekolah langsung menghubungi orang tua siswa untuk datang ke sekolah. Proses pelaksanaan konseling yaitu mengetahui faktor-faktor penyebabnya, melalui pendekatan, penggalian informasi melalui temen dekat, melakukan tindakan preventif dan pengobatan, dan terakhir memberikan arahan.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan memberikan sumbangan pemikiran atau saran dengan harapan semoga dapat menjadi upaya untuk mengatasi problematika siswa di sekolah SMK Islam Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling Islam; Kenakalan remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 364 Criminology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:26
Last Modified: 22 May 2021 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10810

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics