Layanan bimbingan karir dalam upaya meningkatkan kemandirian siswa dalam memilih karir di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen : perspektif bimbingan konseling Islam)

Nahdi Ahmad, Robert Rizal (2019) Layanan bimbingan karir dalam upaya meningkatkan kemandirian siswa dalam memilih karir di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen : perspektif bimbingan konseling Islam). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 121111084.pdf]
Preview
Text
121111084.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyak lulusan MA yang masih mengalami kesulitan dalam mewujudkan karier masa depannya. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa tindakan yang tepat, maka peserta didik lulusan MA akan semakin banyak lagi yang menjadi pengangguran. Siswa MA perlu mengarahkan karier siswa ke arah karier yang baik dan berkualitas dengan mengedepankan sisi pribadi dan keterampilan yang dimiliki oleh siswa, agar nantinya mampu bersaing dalam dunia global yang penuh dengan kompetisi

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan layanan bimbingan karir di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen?. 2) Bagaimanakah upaya meningkatkan kemandirian siswa dalam memilih karir melalui bimbingan konseling karir di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Data di peroleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis data deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan layanan bimbingan karir di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen dilakukan melalui tahapaan perencanaan, pelaksanaan, evalausi dan pengawasan. Perencanaan dilakukan dengan membuat program bimbingan karir baik mingguan maupun bualanan dan jadwal bimbingan karir dan serta rencana aplikasi pelaksanaannya. Pelaksanaan dilakukan dengan melakukan bimbingan baik secara pribadi maupun kelompok dengan menitik beratkan pada pembimbingan pemilihan karir pada diri siswa dengan berbagai metode, media dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatankan kemandirian siswa dalam melilih karir. Evaluasi dilakukan melalui poenilaian hasil bimbingan dan proses bimbingan, serta dilakukan pengawasan dalam pelaksanaan bimbingan yagn dilakukan oleh kepala madrasah yang dilakukan secara rutin dalam rapat mingguan dan bulanan. 2) Upaya meningkatkan kemandirian siswa dalam memilih karir melalui bimbingan konseling karir di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen dilakukan dengan memberikan memberikan dorongan-dorongan yang positif, mampu menciptakan sikap kemandirian dalam memilih karir yang didasarkan pada pemahaman tentang kemampuan dan minat serta pengenalan karir yang ada di masyarakat dengan menyampaikan materi yang baik atau tepat dan mudah dipahami, agar dapat dengan mudah mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perspektif bimbingan konseling Islam adalah upaya meningkatkan kemandirian siswa dalam memilih karir melalui bimbingan konseling karir adalah mampu membangun etos kerja yang baik bagi siswa dalam rangka memenuhi kebahagiaan dunia karena orang yang bekerja keras adalah telah memperjuangkan dirinya untuk hidup lebih baik dan memberikan keyakinan pada siswa tentang pentingnya merancang dan menentukan karir dalam kehidupan, selain itu layanan bimbingan karir juga mampu memberikan fungsi preventif, fungsi kuratif atau korektif, fungsi presentatif dan fungsi developmental bagi karir siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir; Kemandirian siswa; Bimbingan konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:34
Last Modified: 05 Mar 2020 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10812

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics