Peran bimbingan rohani Islam bagi kesembuhan pasien di ruang ICU Rumah Sakit Islam NU Demak

Sholihah, Nur (2019) Peran bimbingan rohani Islam bagi kesembuhan pasien di ruang ICU Rumah Sakit Islam NU Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401016028.pdf]
Preview
Text
1401016028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nur Sholihah (1401016028) Penelitian ini berjudul “Peran Bimbingan Rohani Islam bagi Kesembuhan Pasien Di Ruang ICU (Intensive Care Unit) Rumah Sakit Islam NU Demak”. Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa konsep sehat pandangan Islam tidak hanya melihat aspek fisik atau jasmani semata melainkan juga rohani. Seseorang yang mengalami sakit yang berat, kondisi kritis atau terminal akan mengalami persoalan mental spiritual yang tidak mudah dan ringan. Salah satu upaya yang dilakukan rumah sakit dalam hal ini ruang ICU (Intensive Care Unit) dalam menangani persoalan tersebut adalah dengan menyediakan layanan Bimbingan Rohani Islam. Maka proses pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam mengatasi gangguan mental spiritual pasien dalam masa perawatan intensive menjadi pokok kajian dalam skripsi ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang proses pelaksanaan bimbingan rohani Islam, metode dan bentuk bimbingan rohani Islam di ruang ICU (Intensive Care Unit) rumah sakit Islam NU Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan tehnik analisis data secara kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa, dalam proses bimbingan rohani Islam di ruang ICU (Intensive Care Unit) rumah sakit Islam NU Demak dilakukan melalui 3 (tiga) tahap, yaitu: tahap pra bimbingan, tahap proses pelaksanaan dan tahap akhir proses pelaksanaan bimbingan. Dalam tahap proses pelaksanaan bimbingan rohani pasien, ada beberapa langkah atau tahapan yang dilakukan yaitu: pengkajian pasien, penentuan diagnose, perencanaan tindakan spiritual, terapi spiritual, evaluasi dan follow up. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan rohani di ruang ICU (Intensive Care Unit) adalah metode komunikasi langsung dan tidak langsung. Sedangkan bentuk bimbingan rohani Islam di ruang ICU (Intensive Care Unit) dapat dikelompokan menjadi 3 (tiga) bentuk yaitu: bimbingan ibadah, bimbingan spiritual dan bimbingan sakaratul maut. Adapun yang menjadi pendukung adanya komunikasi yang harmonis antara perawat ICU (Intensive Care Unit) dengan TIM kerohanian dan adanya kesadaran dari keluarga atau pasien akan pentingnya do’a (bertawakal). Kemudian faktor penghambatnya adalah system pengkajian pasien dan kondisi pasien tidak sadar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan rohani Islam; Kesembuhan pasien
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:55
Last Modified: 22 May 2021 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10821

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics