Metode dakwah dalam mengatasi problematika anak asuh di Panti Asuhan Al Hikmah Ngaliyan Semarang

Kholiq Habibi, Achamd (2019) Metode dakwah dalam mengatasi problematika anak asuh di Panti Asuhan Al Hikmah Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Uin Walisongo.

[thumbnail of 121211020.pdf]
Preview
Text
121211020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyaknya pelanggaran yang dilakukan dikalangan Anak Asuh di panti asuhan Al Hikmah Ngaliyan Semarang. Hal tersebut merupakan tantangan besar bagi panti asuhan dalam mendidik anak asuh agar mereka senantiasa hidup disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode dakwah yang diterapkan Panti Asuhan Al Hikmah, bagaimana strategi dakwah Panti Asuhan Al Hikmah dalam penyelesaian problematika anak asuh, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat metode dakwah Panti Asuhan Al Hikmah dalam mengatasi problematika anak asuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka dapat disajikan sebagai berikut : Pertama, metode dakwah yang diterapkan Panti Asuhan Al Hikmah, yaitu : metode dakwah mauidzah hasanah yang meliputi empat ungkapan yaitu nasehat, tabsyir, tandzir, dan kisah. Kedua, strategi dakwah Panti Asuhan Al Hikmah dalam penyelesaian problematika anak asuh, yaitu : memberikan hukuman kepada anak asuh dalam bentuk hafalan, memperketat controling para pengasuh piket dan melakukan razia tanpa sepengetahuan anak asuh. Ketiga, faktor pendukung metode dakwah Panti Asuhan Al Hikmah dalam mengatasi problematika anak asuh, yaitu : (1) Adanya pengaruh seorang ibu, (2) Adanya jadwal piket yang jelas, dan (3) Adanya kerjasama dengan tokoh masyarakat. Sedangkan faktor penghambat metode dakwah Panti Asuhan Al Hikmah dalam mengatasi problematika anak asuh, yaitu : (1) Minimnya Pengajar yang tinggal dilokasi Panti Asuhan , (2) Pengaruh lingkungan dan teman sebaya yang bukan anak asuh, dan (3) Kurangnya kepedulian orang tua terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Anak asuh; Panti asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:22
Last Modified: 05 Mar 2020 04:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics