Gaya komunikasi Mamah Dedeh pada Program Mamah dan Aa' di Indosiar

Rosyid, Muhammad Ardiyansah (2019) Gaya komunikasi Mamah Dedeh pada Program Mamah dan Aa' di Indosiar. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 121211064.pdf]
Preview
Text
121211064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muhammad Rosyid Ardiyansah (121211064) dengan judul penelitian Gaya Komunikasi Dakwah Mama Dedeh pada program “Mama dan Aa” di Indosiar. Setiap agama yang ada di dunia mempunyai tujuan untuk menyebarkan ajaran kebenaran kepada seluruh umat manusia. Usaha untuk menyebarkan kebenaran agama yang datang dari Tuhan sebagai suatu tugas suci dan pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa yang disebut dakwah. Dakwah islam sebagai aktifitas maupun sebagai ilmu tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Agar pesan dakwah dapat diterima secara efektif maka hal yang perlu diperhatikan adalah gaya komunikasi. Gaya komunikasi efektif mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.

Penelitian Gaya Komunikasi Dakwah Mama Dedeh Pada Program Mamah Dan Aa’ Di Indosiar bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis gaya komunikasi Mama Dedeh pada program Mamah dan Aa’ di Indosiar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati siaran Mamah dan Aa sepanjang 8 (delapan) episode di youtube. Teknik pengumpulan data secara dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman. Aktivitas analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi dakwah yang disampaikan oleh Mamah Dedeh pada Acara “Mamah dan Aa Beraksi” dalam penelitian ini dapat dilihat dari pemilihan bahasa, pemilihan kata, teknik pengucapan, dan penyampaian sumber pesan dalam komunikasi. Pemilihan bahasa yang digunakan Mamah Dedeh dalam berdakwah adalah bahasa Indonesia dengan ciri khas bahasa Mamah Dedeh yaitu betawi dan sunda. Penyampaian dengan bahasa yang baik mudah dipahami oleh audience, jama’ah, mad’u. kedua, pemilihan kata menyesuaikan pesan yang disampaikan secara terstruktur kepada audiens. Ketiga, teknik pengucapan menggunakan suara yang keras dan ketegasan dalam memberikan hukum Islam. Keempat, sumber pesan yang dapat dipertanggungjawabkan dari Al-Qur’an dan hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya komunikasi; Dakwah dalam televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:36
Last Modified: 05 Mar 2020 04:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics