Jurnalisme berprespektif kesetaraan gender dalam media Islam : analisis framing pemberitaan larangan penggunaan cadar bagi mahasiswi UIN Sunan Kalijaga di media online Republika.co.id dan VOA Islam)

Lestari, Ayuk Fitriana Puji (2019) Jurnalisme berprespektif kesetaraan gender dalam media Islam : analisis framing pemberitaan larangan penggunaan cadar bagi mahasiswi UIN Sunan Kalijaga di media online Republika.co.id dan VOA Islam). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1401026059.pdf]
Preview
Text
1401026059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ayuk Fitriana Puji Lestari (1401026059). Jurnalisme
Berperspektif Gender dalam Media Islam (Analisis Framing
Pemberitaan Larangan Penggunaan Cadar Bagi Mahasiswi di Media Online Republika.co.iddan VOA Islam). Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2019. Pemberitaan kasus larangan penggunaan cadar mewarnai media massa Indonesia. Di awal tahun 2018, publik digegerkan dengan pemberitaan larangan penggunaan cadar bagi mahasiswi di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Media massa serentak memunculkan informasi mengenai larangan penggunaan cadar bagi mahasiswi pada tanggal 5 Maret 2018, termasuk media online Islam Republika.co.id dan VOA Islam. Media tidak bisa lepas dari ideologi dan latar belakangnya. Setiap media mempunyai agenda media dalam menjalankan perusahaan, selalu ada frame atau bingkai dalam peliputan kasus yang dipilih, ditonjolkan, disamarkan, atau bahkan dihilangkan. Perbedaan itu yang membuat peneliti tertarik untuk melihat framing didalam sebuah media satu dengan media lain.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah
yaitu untuk mengatahui bagaimana media online Republika.co.id dan VOA Islam memframing pemberitaan tentang kasus pelarangan penggunaan cadar bagi mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada bulan Maret 2018 di media online Republika.co.id dan VOA Islam yang dianalisa menggunakan konsep jurnalisme berperspektif gender. Sensifitas gender tersebut akan dianalisis berdasarkan kecenderungan media online dalam menerapkan jurnalisme berperspektif gender.

Untuk melihat kecenderungan tersebut penulis menerapkan
analisis framing Gamson dan Modigliani guna mengungkap muatan jurnalisme berperspektif gender dalam pemberitaan kasus pelarangan penggunaan cadar bagi mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Gambaran framing pemberitaan larangan penggunaan cadar yang ditampilkan oleh Republika.co.id memframing pemberitaan sebagai kejadian yang real terjadi dan memberitakan secara berimbang tanpa memihak tindakan UIN Sunan Kalijaga dalam melarang mahasiswinya bercadar maupun, ataupun membela mahasiswi yang dilarang menggunakan cadar ketika berada di kampus. Republika.co.id terlihat netral dengan menampilkan narasumber yang berkompeten. Sedangkan pada VOA Islam cenderung tidak berimbang dan menampilkan pro kontra antara pendapat narasumber yang tidak mendukung keputusan pelarangan penggunaan cadar di lingkungan kampus dan pihak kampus UIN Sunan Kalijaga. Pihak yang dijadikan narasumber pun erat kaitannya dengan label radikal. Namun kedua media tersebut tidak ada yang menampilkan mahasiswi bercadar dari UIN SUKA sebagai sumber pemberitaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme; Kesetaraan gender; Analisis framing; Media online; Berita; Larangan bercadar
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:14
Last Modified: 06 Mar 2020 08:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics