Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN)dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati

Setyowati, Sri (2019) Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN)dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501046057.pdf]
Preview
Text
1501046057.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sri Setyowati (1501046057) : Peran Gapoktan (Gabungan kelompok Tani) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati.

Pengembangan pertanian sangat ditentukan oleh sumber daya
manusia yang berada di dalamnya. Apabila sumber daya manusia
memiliki motivasi yang tinggi, kreatif dan mampu mengembangkan
inovasi, maka pengembangan pertanian dapat dipastikan semakin baik. permasalahan yang dialami yaitu kurangnya kemampuan sumberdaya manusia dalam mengelola dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Salah satu upaya pemerintah dalam memberdayakan msyarakat petani yaitu melalui program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP). Maka dari itu, melalui Gapoktan Desa Gunungsari melakukan pemberdayaan masyarakat untuk membantu meningkatkan pengembangan pertanian di Desa Gunungsari.

Penelitian ini dilakukan di Desa Gunungsari Kecamatan
Tlogowungu Kabupaten Pati. Penelitian menggunakan metode
kualitatif karena penelitian ini lebih menekankan terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentative. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskrptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian menunjukkan 1) Proses pemberdayaan
masyarakat yang dilakukan Gapoktan Desa Gunungsari meliputi:
pelatihan keterampilan, penyuluhan, memberikan penyokongan dan melakukan penguatan terhadap anggota Gapoktan. 2) Peran Gapoktan dalam pemberdayaan masyarakat Desa Gunungsari yaitu: pengorganisasian, fasilitasi, pendidikan, keterampilan teknik, dan pendelegasian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Gapoktan; Kesejahteraan Masyarakat; Masyarakat Desa, Pengembangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 10:13
Last Modified: 22 May 2021 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics