Pengaruh Pelatihan Dan Penilaian Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Di MTs Negeri 2 Kendal

Astuti, Yuni (2019) Pengaruh Pelatihan Dan Penilaian Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Di MTs Negeri 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503036104.pdf]
Preview
Text
1503036104.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Profesionalisme guru merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah pelatihan dan penilaian kinerja guru. Keberhasilan pelatihan dan penilaian kinerja guru yang ada, diharapkan akan memberikan pengaruh terhadap profesionalisme guru. Namun, seberapa besar pengaruh pelatihan dan penilaian kinerja terhadap profesionalisme guru masing-masing perlu diteliti.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket. Responden penelitian dipilih terhadap guru di MTs Negeri 2 Kendal yang berjumlah 48 orang.

Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan terhadap profesionalisme guru dan memberikan sumbangan sebesar 23% sisanya 77% kiranya perlu diperhatikan agar pelatihan yang diikuti guru lebih baik sehingga profesionalisme guru dapat meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian kinerja terhadap profesionalisme guru dan memberikan sumbangan sebesar 33,2% sisanya 66,8% kiranya perlu diperhatikan agar pelaksanaan penilaian kinerja yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru lebih baik sehingga profesionalisme guru dapat meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan dan penilaian kinerja secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru dan memberikan sumbangan sebesar 35,7% sisanya 64,3% kiranya perlu diperhatikan agar pelaksanaan pelatihan dan penilaian kinerja yang diikuti guru lebih baik sehingga profesionalisme guru dapat meningkat.

Dalam upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru, maka disarankan kepada guru untuk selalu menumbuhkan rasa semangat dan keseriusan dalam mengikuti pelatihan dan penilaian kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelatihan; Penilaian Kinerja; Profesionalisme Guru; Guru; Pendidik; Pendidikan Islam; Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:05
Last Modified: 09 Mar 2020 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10876

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics