Aktivitas Rohani Islam (ROHIS) Dalam Pembinaan Akhlak SISWA Di SMA N 8 Semarang

Zaky Fuad, Ahmad (2019) Aktivitas Rohani Islam (ROHIS) Dalam Pembinaan Akhlak SISWA Di SMA N 8 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123111045.pdf]
Preview
Text
123111045.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang aktivitas rohani Islam (Rohis) dalam pembinaan akhlak sisa di SMA N 8 Semarang. Kajiannya dilatar belakangi adanya degradasi moral yang sedang dialami oleh remaja-remaja di Indonesia yang semakin menghawatirkan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya masalah sosial yang terjadi di kalangan remaja-remaja kita saat ini. Masalah tersebut yang membawa peneliti melakukan penelitian di SMA N 8 Semarang yang fokus pada ekstrakurikuler rohani Islam (Rohis) yang mana telah berupaya melalui kegiatan-kegiatannya unutuk membina akhlak siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana aktivitas Rohis dalam pembinaan akhlak siswa di SMA N 8 Semarang.

Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara ini digunakan untuk memperoleh data secara lisan yang berupa keterangan-keterangan langsung untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana aktivitas Rohis dalam pembinaan akhlak siswa. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang tenaga kependidikan di sekolah dengan aspek yang diamati tentang keteladanan di dalam dan luar kelas dan faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak siswa yang dilakukan Rohis. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data gambaran umum tentang SMA N 8 Semarang, serta data-data yang berkaitan dengan aktivitas Rohis dalam pembinaan akhlak siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rohis melalui kegiatan-kegiatan dalam program kerjanya telah berusaha melakukan pembinaan akhlak siswa. Aktivitas rohis terbagi dalam aktivitas harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Pada aktivitas harian, rohis berupaya membina akhlak siswa diantaranya dengan mengadakan sholat dluhur berjama‟ah, hal ini dilakukan untuk melatih rasa tanggung jawab siswa dalam menunaikan kewajiban. Pada aktivitas mingguan, diantaranya siswa diajak unutk melakukan infaq dan juga diadakannya shoat jum‟ah untuk siswa putra dan kajian fiqh wanita untuk siswi putri. Pada aktivitas bulanan, rohis dalam usahanya membina akhlak siswa mengadakan kajian keagamaan dengan nama “Quantum”, di sini siswa mendapatkan pemahaman yang dipandu oleh para ahli dibidangnya. Pada aktivitas tahunan, rohis mempunai agenda tetap PHBI, seperti peringatan Isra‟ Mi‟roj, Maulid Nabi, hari raya Idul Adha, serta pelaksanaan kurban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rohis; Akhlak; Pembinaan Akhlak Siswa; Kehidupan Beragama (Islam); Pendidikan Morak; Etika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:09
Last Modified: 09 Mar 2020 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics