Problematika Dan Solusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2018/2019

Kafiludin, Muhammad (2019) Problematika Dan Solusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133111057.pdf]
Preview
Text
133111057.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dan
menganalis problematika apa saja dalam Pendidikan Agama
Islam di SMAN 1 Geyer Kabupaten Grobogan; dan 2) Untuk
mengetahui dan menganalisis faktor-faktor dan upaya-upaya
yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasi problematika
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMAN 1 Geyer
Kabupaten Grobogan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Geyer Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi; 2) wawancara; dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi, yaitu: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga
problematika mempengaruhi keberhasilan PAI di SMAN 1 Geyer,
yaitu: 1) problematika peserta didik:
a)Motivasi belajar belajar rendah;
b) Keterampilan membaca al-Quran;
c) Latar belakang kehidupan beragama dan pendidikan peserta didik;
d) Pengamalan agama dan self evaluation (evaluasidiri) yang rendah; dan
e)Kurangnya kerjasama
antara orangtua dan guru PAI.
2) Problematika terkait pendidik:
a)Guru kurang kreatif;
b) Kurang bervariasi dalam menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran;
c) Dedikasi dan tanggung jawab atas tugasnya rendah; d) Teladan yang baik bagi para siswa; dan
f) Belum mengimplisitkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur ke dalam mata pelajaran yang diajarkannya. Dan
3) Problematika terkait kurikulum mencakup:
a) Problem 2 jam pelajaran per minggu;
b) Problem 3 jam pelajaran per minggu;
c) Problem terkait dengan kegiatan ekstrakulikuler agama Islam; dan
d) Peraturan sekolah yang masih kurang mendukung tercapainya kompetensi inti.

Solusi yang dapat dilakukan guru:1) membangkitkan motivasi
belajar siswa; 2) mengadakan les belajarmembacaal-Quran. 3)
memberikan remedial dan les tambahan; 4) membiasakan peserta
didik melakukan salat; dan 5) mepertemukan orang tua & guru secara berkala. Solusi mengatasi problem pendidik: 1) mengusahakan seminar, workshop ataupun MGMP; 2) menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang bervariasi; 3) memahami karakter dan minat peserta didik; 4) memiliki dedikasi yang tinggi dan bertanggungjawab atas tugasnya; 5) berusaha menjadi teladan yang baik bagi para siswa; dan 6) Guru-guru bidang studi lainnya mesti mengimplisitkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur ke dalam mata pelajaran yang diajarkannya. Solusi mengatasi problem kurikulum: 1)
menambah jam pelajaran agama; 2) menyatukan 3 jam pelajaran PAI; 3) mewajibkan kegiatan ekstrakulikuler yang telah disediakan; 4) menyusun jadwal salat zduhur, duha, upacara agama atau kegiatan keagamaan.

Peserta didik hendaknya mempunyai termotivasi belajar, rajin
membaca al-Quran, rajin les, membiasakan diri sholat lima waktu. Pendidik seyogianya ikut serta acara pelatian, kaya metode, memahami karakter dan minat peserta didik, bisa dijadikan teladan & bertanggungjawab, mengimplikasikan PAI dalam mapel lain. Sekolah sebaiknya menambah jam PAI, tidak memisahkan jam tambahan PAI pada hari lain, mendorong para peserta didik untuk ikut serta dalam kegiatan ekstrakulikuler, hendaknya menyusun jadwal salat zuhur,
duha & kegiatan agama, dan peserta didik perempuan yang beragama Islam untuk menggunakan kerudung pada saat di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika; PAI; Solusi; Pendidikan Islam; Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:19
Last Modified: 09 Mar 2020 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10883

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics