Asrifatunisak, Siti (2019) Efektivitas Penggunaan Kombinasi Metode Ceramah, Drill Dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Siswa SMPN 2 Tegowanu Kelas VII Materi Shalat Jama' Qashar Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016144.pdf]
Preview
Text
1503016144.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan kombinasi metode ceramah, drill dan demonstrasi terhadap hasil belajar pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa SMP N 2 Tegowanu kelas VII materi shalat jama‟ qashar tahun ajaran 2018/2019. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah peserta didik pasif dalam pembelajaran karena kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain
posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Tegowanu yang terbagi menjadi 8 kelas dengan jumlah peserta didik 238. Sampel diambil secara random menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan kombinasi metode ceramah, drill dan demonstasi, sedangkan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional atau ceramah. Setelah selesai diberi materi shalat jama‟ qashar kemudian diberi tes (posttest).

Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan
metode dokumentasi dan test. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa berupa nama-nama siswa dan juga foto dalam pembelajaran. Metode tes digunakan untuk memperoleh data nilai hasil belajar setelah materi selesai disampaikan.

Hasil penelitian hasil belajar peserta didik dianalisis dengan menggunakan uj-t dan respon peserta didik terhadap penggunaan kombinasi metode ceramah, drill dan demonstrasi dianalisis menggunakan prosentase. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada data hasil belajar diperoleh thitung= 2,59 dan ttabel= 1,67 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukan bahwa t hitung > t tabel , maka Ho ditolak yaitu rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol ada perbedaan atau rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kombinasi Metode Ceramah; Drill dan Demonstrasi; Hasil Belajar ;Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Siswa; Metode belajar; Pendidikan Lanjutan Pertama
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:56
Last Modified: 09 Mar 2020 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10895

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics