Efektivitas pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi luas bangun datar di MI NU 56 Krajankulon tahun 2017/2018

Putri, Nanda Octavia (2019) Efektivitas pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi luas bangun datar di MI NU 56 Krajankulon tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911009.pdf]
Preview
Text
123911009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Pendekatan
Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Kelas V Materi Luas Bangun Datar Layang-Layang dan Trapesium di
MI NU Krajankulon Kaliwungu Kendal Tahun 2017/2018. Kajiannya
dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang meminta untuk
mendalami materi tersebut akibat kurangnya penguasaan materi ketika
jam pembelajaran berlangsung dikelas, kurangnya jam belajar siswa
dirumah, hal ini disebabkan terlalu banyak waktu bermain anak
sehingga ketika diminta untuk belajar mereka mengaku sudah lelah
akibatnya kewajiban anak dalam belajar terabaikan. Masih banyak
nilai siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal
(KKM). Oleh sebab itu perlu adanya perubahan variasi pembelajaran agar peserta didik mampu memahami materi luas bangun datar layang-layang dan trapesium dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi luas bangun datar layang-layang dan trapesium di MI NU Krajankulon Kaliwungu Kendal Tahun 2017/2018. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah pendekatan matematika realistik (PMR) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V materi luas bangun datar layang-layang dan trapesium

Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif
eksperimen dengan desain posttest-only control design yang
dilaksanakan dikelas V MI NU Krajankulon Kaliwungu kendal Tahun 2017/2018. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan siswa. Datanya diperoleh dengan metode dokumentasi dan tes. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata dengan menggunakan nilai pretest. Kemudian sampel dipilih dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Setelah itu kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pendekatan matematika realistik dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.

Setelah data didapat, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan rata-rata. Kajian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mata pelajaran Matematika peserta didik diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan
perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh hasil t hitung = 2,163 sedangkan t tabel = 2,01 karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 75 dan kelas kontrol 67,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik (PMR) efektif terhadap hasil belajar kelas Vmateri luas bangun datar layang-layang dan trapesium
di MI NU Krajankulon Kaliwungu Kendal Tahun 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pendekatan Matematika Realistik; Hasil Belajar Peserta Didik; Materi Luas Bangun Datar; Matematika; Pembelajaran; Metode Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:09
Last Modified: 29 May 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics