Pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko terhadap minat menggunakan layanan e-money : studi kasus pada mayarakat Kota Cirebon

Qulub, Ashif Syifa'ul (2019) Pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko terhadap minat menggunakan layanan e-money : studi kasus pada mayarakat Kota Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATA1.pdf]
Preview
Text
PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATA1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Uang elektronik merupakan alternatif pembayaran non tunai dalam transaksi mikro atau ritel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko terhadap minat menggunakan layanan e-money.

Penelitian ini dilakukan dengan kuisioner pada masyarakat wilayah Kota Cirebon yang mengetahui layanan e-money BSM. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data diambil berdasarkan kebetulan bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan,persepsi resiko berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan e-money. Hasil ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 26,326 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Menurut uji t, persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap minat menggunakan layanan e-money. Hal ini dibuktikan pada uji t yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 1,076 dengan nilai (Sig-t) sebesar 0,285yang nilainya di atas level signifikan 0,05. Sedangkan persepsi kemanfaatan, persepsi resiko berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat menggunakan layanan e-money.. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,531 dengan nilai signifikasi 0,013 yang nilainya dibawah < 0,05, dan nilai t hitung sebesar 5,249 dengan nilai signifikan 0,000 yag nilainya dibawah < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemanfaatan; Persepsi Kemudahan Penggunaan; Persepsi Risiko; E-Money
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:50
Last Modified: 11 Jun 2021 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10919

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics