Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan model periklanan di Shopee

Fitriyanti, Fitriyanti (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan model periklanan di Shopee. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jual beli online menjadi solusi bagi sebagian masyarakat yang mempunyai modal kecil dan bukan hanya mengiklankan produknya tapi sudah menjadi trend pasar karena pembeli dan penjual dapat berinteraksi. Dalam perkembangannya, situs ini dipilih karena salah satu manfaat yang dirasakan masyarakat terhadap model periklanan online adalah banyak menawarkan barang dengan model dan harga yang terjangkau. Oleh karena itu dalam prakteknya banyak dari masyarakat lebih memilih aplikasi Shopee untuk melakukan pembelian, padahal secara praktik model periklanan ini sangatlah lemah dalam prosesnya karena dalam transaksi periklanan online ini sering kali hak khiyar pembeli ketika melihat barang yang diperjual belikan dihilangkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah jual beli dengan model periklanan di Shopee?. 2) Bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan model periklanan di Shopee?

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan sumber data primer yaitu hasil wawancara pelanggan yang melakukan pembelian dengan model periklanan di Shopee. Dan sumber data sekunder yaitu data-data pendukung dan alat-alat tambahan yang dalam hal ini berupa data tertulis, yaitu data-data tentang model jual beli dengan model periklanan di Shopee yang diambil dari internet. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Jual beli dengan model periklanan di Shopee dilakukan menjalankan prosedur dan ketentuan yang sudah diberikan oleh Shopee mulai dari mendaftar, mengikuti persyaratan, dan melakukan proses jual beli dengan pembeli bisa berbelanja sesuai dengan barang yang diinginkan tinggal pilih, dan melakukan pembayaran baik secara transfer atau pembayaran di tempat setelah nanti barang dikirim melalui jasa delivery, Setelah pembayaran dilakukan, Shopee akan secara otomatis melakukan verifikasi dan konfirmasi tak lama setelahnya. Konfirmasi biasanya akan dikirimkan ke nomor ponsel dan email Anda, termasuk setiap ada perkembangan terbaru seperti nomor resi dan pengiriman barang Kesepakatan terjadi pada saat penawaran transaksi yang dikirim oleh pembeli telah diterima dan disetujui oleh penerima. 2) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan model periklanan di Shopee, bisa sah dan tidak sah. Tidak sah manakala informasi yang diberikan pada waktu akad berbeda dengan kenyataan setelah suatu barang itu ditunjukkan sehingga pembeli menjadi kecewa. Jika dalam praktek terjadi kondisi yang selalu mengecewakan pembeli maka jual beli ini dilarang, karena ada unsur penipuan dan ketidak adanya kerelaan dalam proses jual beli yang menjadi salah satu rukun dalam jual beli, Akan tetapi manakala dalam informasi pada waktu akad sesuai dengan realita pada waktu barang itu diserahkan maka jual beli yang demikian sah. Bila transaksi berlangsung dalam satu waktu sedangkan kedua belah pihak berada di tempat yang berjauhan, hal ini dapat diterapkan pada transaksi melalui telepon ataupun telepon seluler, maka ijab dan qabul yang terjadi adalah langsung seolah-olah keduanya berada dalam satu tempat akan akad dianggap terjadi ketika barang itu diberikan. penyediaan aplikasi permohonan barang oleh pihak penjual di Shopee merupakan ijab dan pengisian serta pengiriman aplikasi yang telah diisi oleh pembeli merupakan qabul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli online; Model reriklanan; Shopee
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:53
Last Modified: 10 Mar 2020 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics