Hubungan antara komitmen organisasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang aktif di organisasi

Atiyaf, Deni (2019) Hubungan antara komitmen organisasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang aktif di organisasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI PDF FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI PDF FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan penundaan yang dilakukan dalam pengerjakan tugas akademik, baik dalam memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengerjakn tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, dan memilih melakukan aktifitas lain yang lebih menyengkan daripada menyelesaikan tugas. Salah satu hal yang lebih menyenangkan daripada mengerjakan tugas bagi mahasiswa yaitu aktif organisasi yang langkah awal dari komitmen organisasi. Sehingga memberi dampak negatif bagi mahasiswa. Penelitian ini berjutuan untuk menguji secara empiris hubungan antara komitmen organisasi dan prokrastinasi akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 yang aktif dalam organisasi ekstra.di UIN Walisongo dengan rentang usia 20-23 tahun yang berjumlah 65 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala komitmen organisasi dan skala prokrastinasi akademik. Analisis yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Produck Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan antara komitmen organisasi terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,665 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kedua variabel dan menunjukkan arah positif antara kedua variabel. Komitmen Organisasi secara simultan memberikan sumbangan sebesar 44,2% terhadap prokrastinasi akademik, sehingga masih 55,8% yang disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komitmen organisasi; Prokrastinasi akademik; Mahasiswa aktivis
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 10 Mar 2020 09:04
Last Modified: 29 May 2021 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics