Hubungan antara adversity quotient dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir UIN Walisongo Semarang

Dewanda, Faishal Afif (2020) Hubungan antara adversity quotient dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi lengkap (FAISHAL AFIF DEWANDA 1507016051).pdf]
Preview
Text
skripsi lengkap (FAISHAL AFIF DEWANDA 1507016051).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dunia kerja bagi mahasiswa menjadi salah satu tantangan utama yang akan dihadapi setelah lulus dari perguruan tinggi. Jumlah lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan tenaga kerja yang dibutuhkan, dan tingginya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dapat menyebabkan mahasiswa mengalami kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara adversity quotient dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester tingkat akhir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 orang. Pengambilan sampel dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis skala likert yaitu skala kecemasan dengan jumlah item 31 dan skala AQ dengan jumlah item 31. Metode analisis data yang digunakan adalah metode korelasi produc moment. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan negatif antara adversity quotient dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja dengan nilai signifikansi 0,000 atau p < 0,05. Dengan nillai koefisien korelasi r = 0,745 yang artinya tingkat koefisien korelasi yang dimiliki tinggi. Semakin tinggi skor adversity quotient maka semakin rendah tingkat kecemasan, sebaliknya semakin rendah skor adversity quotient maka semakin tinggi tingkat kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient; Kecemasan; Dunia kerja; Pekerjaan; Lowongan Kerja; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:03
Last Modified: 28 Jul 2021 05:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics