Bimbingan konseling Islam dalam menangani agresivitas remaja di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal

Pravita, Dini Rizka (2019) Bimbingan konseling Islam dalam menangani agresivitas remaja di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bimbingan konseling Islam dalam menangani agresivitas remaja di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal, membantu siswa-siswi mengatasi segala permasalahan yang sedang dialami termasuk perilaku agresif siswa, agar siswa dapat mengendalikan perilaku agresifnya yang disebabkan karena faktor terpancing emosi sesama temannya, frustasi dan keadaan lingkungan. Supaya siswa dapat berkembang secara optimal , berperilaku baik. Sehingga visi-misi sekolah dapat terlaksana sesuai dengan harapan sekolah. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku agresif siswa yang dapat menyakiti orang lain baik secara fisik maupun mental. Guru bimbingan dan konseling diharapkan mampu menjadi pembimbing dan siswa serta mampu mengatasi perilaku agresif yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk serta penyebab perilaku agresif dan pelakasanaan bimbingan konseling Islam dalam menangani agresivitas remaja di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bentuk-bentuk agresivitas remaja di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal 2). Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling Islam dalam menangani agresivitas remaja di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan bimbingan konseling Islam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu
reduksi data, triangulasi, penyajian data dan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan siswa.

Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal. Perama, bentuk-bentuk agresivitas remaja di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal Bentuk perilaku agresif siswa yang terjadi dapat dibagi kedalam dua bentuk, yaitu verbal dan fisik. Perilaku agresif verbal yang dilakukan oleh siswa berupa membolos, berbicara kotor, gaduh dikelas, berbicara tidak sopan pada guru, mengejek nama orang tua teman. Sedangkan perilaku agresif fisik berupa konvoi dan tawuran. Kedua, Pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal pada awal proses konseling siswa dituntun untuk sholat dhuha setiap hari jum’at dengan membaca, membaca asmaul husna, membaca ayat kursi dengan tujuan untuk menentramkan hati . Siswa juga dituntun dan diarahkan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari penyakit yang merusak diri. pelaksanaan bimbingan konseling Islam dalam menangani agresivitas remaja di SMK Diponegoro Lebaksiu Tegal dapat dikatakan kurang baik, karena masih ada siswa yang tetap melakukan perilaku agresif. Guru BK dalam menangani perilaku agresif menggunakan metode langsung dan tidak langsung, sehingga dengan metode tersebut guru BK dapat langsung memberikan materi dan bimbingan kepada siswa sehingga siswa merasa nyaman dan diperhatikan, dengan begitu siswa akan merasa tidak sendirian dalam menghadapi masalahnya sehingga itu akan mempermudah bagi guru pembimbing untuk memberikan bimbingan konseling Islam yang sesuai dengan keadaan siswa. Sedangkan untuk menangani agresif sendiri juga perlu didukung oleh lingkungan seperti keluarga dan teman sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling Islam; Agresifitas remaja; Kenakalan remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:06
Last Modified: 16 Mar 2020 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics