Bimbingan Rohani Islam Bagi Lansia (Studi Komunikasi Terapeutik Rohaniawan dalam Menangani Problem Psikososial di Klinik Geriatri RSI Muhammadiyyah Kendal)

Arifianti, Ana (2019) Bimbingan Rohani Islam Bagi Lansia (Studi Komunikasi Terapeutik Rohaniawan dalam Menangani Problem Psikososial di Klinik Geriatri RSI Muhammadiyyah Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ana Arifianti (1501016130) Judul Bimbingan Rohani Islam Bagi Lansia (Studi Komunikasi Terapeutik Rohaniawan Dalam Menangani Problem Psikososial di Klinik Geriatri RSI Muhammadiyah Kendal). Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. 2019. Pasien lansia memiliki problematika yang kompleks antara lain disebabkan oleh problem kesehatan yaitu keterbatasan fungsi tubuh yang berhubungan dengan makin meningkatnya usia dan adanya akumulasi dari penyakit-penyakit degenerative. Problem psikososial yaitu ketergantungan dengan orang lain, menarik diri dari kegiatan kemasyarakatan karena berbagai sebab yaitu setelah kematian pasangan hidup, setelah menjalani masa pensiun dan setelah sakit yang cukup berat dan lama. Salah satu usaha untuk menangani problem psikososial pasien lansia di rumah sakit yaitu dengan adanya pelayanan secara holistik.Pelayanan holistik yaitu pelayanan secara menyeluruh meliputi (bio-psiko-sosio-spritual). Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bimbingan rohani Islam bagi pasien lansia di klinik geriatric Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal. 2) untuk mengetahui analisis komunikasi terapeutik rohaniawan dalam pelayanan bimbingan rohani Islam dalam menangani problem psikososial di klinik Geriatri RSI Muhammadiyah Kendal.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pasien lansia usia 60-75 tahun di klinik geriatric RSI Muhammadiyah Kendal, Rohaniawan RSI Kendal. Selain itu, teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Sedangkan metode analisis data menggunakan Millles dan Hunberman, melalui tiga tahap dalam analisis data kualitatif yaitu 1) reduksi data (Data Reduction). 2) penyajian data (Data Display). 3). Kesimpulan (Conclusing Drawing).

Penelitian ini memiliki hasil sebagai berikut: Pertama, Problem Psikososial di klinik geriatric RSI Muhammadiyah Kendal yang terjadi pada pasien lansia (1) Kehilangan ditunjukkan dengan keterbatasan fungsi organ tubuh dan kematian pasangan hidup baik sebagian maupun keseluruhan, (2) Kesepianya yang ditandai seperti menurunnya indra penglihatan dan pendengaran, kematian pasangan hidup, sanak saudara dan hilangnya pekerjaan karena pensiun, (3) Menarik diri karena perubahan peran di masyarakat, (4) depresi yang disebabkan oleh penyakit kronis sehingga muncul perasan sedih, tidak bahagia, pesimis bahkan bisa mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri, (5) demensia disebabkan akibat penuaan, penurunan daya ingat, memori, hilangnya ingatan secara bertahap dan merasa kebingungan dalam melakukan aktivitasnya. Kedua, Bimbingan Rohani Islam di klinik geriatric RSI Muhammadiyah Kendal adalah memberikan materi bimbingan rohani Islam yang berisi tentang bagaimana menyikapi penyakit dengan selalu beristighfar, bersyukur dan bertawakal kepada Allah SWT, dan bimbingan do’a-do’a agar tetap hidup dalam keridhoan Allah Swt yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al- Hadits. Sedangkan Metode yang digunakan adalah metode langsung yaitu bertemu langsung rohaniawan dan pasien lansia (face to face) dan metode tidak langsung berupa mendengarkan murottal Al-Qur’an, media audio atau tulisan (buku bimbingan rohani ) dan simbol-simbol yang berkaitan dengan makna sakit. Ketiga, Komunikasi Terapeutik rohaniawan dalam pelayanan bimbingan rohani Islam di klinik geriatric RSI Muhammadiyah Kendal lebih menekankan teknik komunikasi terapeutik berupa (listening, sikap hangat, empati, memberikan edukasi dan suportif serta fase komunikasi terapeutik berupa (fase pra interaksi, orientasi, kerja dan terminasi). Penerapan teknik dan fase tersebut dapat membantu rohaniawan menangani problem psikososial yaitu kehilangan, kesepian, menarik diri, depresi dan demensia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Psikososial; Bimbingan Rohani Islam; dan Komunikasi Terapeutik.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 31 Mar 2020 06:43
Last Modified: 31 Mar 2020 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10975

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics