Makna birrul walidain dalam iklan Ramayana edisi Ramadan 1438 H. "Bahagianya Adalah Bahagiaku"

Musfiroh, Titsna (2019) Makna birrul walidain dalam iklan Ramayana edisi Ramadan 1438 H. "Bahagianya Adalah Bahagiaku". Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Uququl walidain atau sikap durhaka kepada orang tua beredar luas seperti penganiayaan anak kepada orang tua, hingga pembunuhan kepada orang tua. Sedangkan dalam Islam, Allah memerintahkan manusia untuk birrul walidain atau berbakti kepada orang tuanya. Iklan Ramayana Edisi Ramadan 1438 H. “Bahagianya Adalah Bahagiaku” merupakan iklan yang bertema kekeluargaan, sarat akan makna yang terkandung di dalamnya. Iklan ini mengandung makna birrul walidain atau disebut dengan berbakti kepada kedua orang tua. Iklan televisi yang tidak ditampilkan hanya sekali tayang ini membuat kekuatan tersendiri untuk mempengaruhi masyarakat sehingga
dapat merubah sikap serta pola pikir setiap individu. Dialog dan adegan merupakan sebuah bentuk pesan yang disampaikan lewat sebuah iklan kepada khalayak. Maka dari itu rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa makna birrul walidain dalam iklan Ramayana edisi Ramadan 1438 H. “Bahagianya Adalah Bahagiaku”?

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap makna birrul walidain melalui tandatanda yang terdapat dalam iklan Ramayana edisi Ramadan 1438 H. “Bahagianya Adalah Bahagiaku”. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Roland Barthes dengan teori the two order of signification (signifikasi dua tahap), yakni tahap pertama denotasi dan tahap kedua konotasi. Kemudian kedua tahap tanda denotasi dan konotasi tersebut bertemu dengan menghasilkan mitos.

Penelitian ini menghasilkan makna birrul walidain yang terdapat dalam iklan Ramayana edisi Ramadan 1438 H. “Bahagianya Adalah Bahagiaku”. Hasil penelitian ini diantaranya adalah mematuhi perintah yang tidak bertentangan dengan syari’at Islam yaitu perintah untuk beribadah
kepada Allah SWT., memanggil kedua orang tua dengan panggilan hormat, membantu kebutuhan makanan dan pakaian dan mengunjungi makam atau kuburan orang tua yang sudah meninggal dunia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Birrul walidain; Iklan; Semiotik; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 01:06
Last Modified: 08 Apr 2020 01:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics