Alfitroh, Dhea Safira (2019) Nilai moral dalam film animasi Lorong Waktu di Youtube. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Film Animasi “Lorong Waktu” di Youtube merupakan salah satu
film animasi buatan anak bangsa. Animasi ini menggambarkan cerita fiksi ilmiah menggunakan mesin waktu. Lorong Waktu memiliki durasi 7 menit dalam setiap episodenya. Program serial animasi banyak disukai kalangan masyarakat terutama anak-anak. Film animasi merupakan media hiburan sekaligus penyampaian pesan baik pesan edukasi maupun pesan moral.
Sayangnya tidak semua animasi mengandung pesan-pesan tersebut. Beberapa animasi terbukti tidak diperuntukkan untuk anak karena mengandung pornografi dan kekerasan seperti Naruto dan One Peace. Dari hal tersebut penulis ingin meneliti film animasi dengan mengambil subjek penelitian film aniamsi Lorong Waktu. Penulis mengambil rumusan masalah (1)Apa sajakah nilai moral dalam film animasi Lorong Waktu di Youtube? (2) Bagaimana teknik penyampaian pesan dari nilai moral yang terkandung dalam film animasi Lorong Waktu di Youtube? Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai moral serta teknik penyampaian pesan dalam film animasi Lorong Waktu

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Dokumentasi bertujuan untuk memperolah data langsung dari penelitian meliputi bukubuku, laporan kegiatan, foto-foto dan data yang relevan lainnya. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi Krippendoft yaitu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Film Animasi
Lorong Waktu terdapat nilai moral diantaranya moral kepada Sang Pencipta yaitu berdo’a, bersyukur, berserah diri dan beramal shaleh. Nilai moral terhadap sesama manusia diantaranya tolong menolong, saling menyanyangi, saling memaafkan dan saling menasihati, Nilai moral terhadap diri sendiri yaitu jujur dan rajin. Serta teknik penyampaian pesan ditinjau dari segi audio yaitu musik ilustrasi, efek suara serta dialog dan visual yaitu teknik pengambilan gambar dan setting atau latar kemudian dilihat dari keefektifan komunikasi terdapat teknik komunikasi persuasif, informatif dan koersif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai moral; Teknik Penyampaian Pesan; Media dakwah; Film animasi; Analisis isi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 00:55
Last Modified: 08 Apr 2020 00:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics