Pelaksanaan monitoring terhadap penyiaran radio dakwah di Jawa Tengah : studi Balai Monitor Kelas 1 Semarang

Sobah, Nur Hikmatus (2019) Pelaksanaan monitoring terhadap penyiaran radio dakwah di Jawa Tengah : studi Balai Monitor Kelas 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Spektrum Frekuensi Radio merupakan sumber daya alam yang
terbatas yang perlu diatur dan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, agar pemanfaatan frekuensi radio tertib, teratur dan efisien (tidak boros) dan untuk mencegah timbulnya gangguan (interferensi) maka perlu adanya monitoring untuk mengawasi dan menertibkan penggunaan frekuensi
radio. Pada hal pengawasan dan pengendalian penggunaan frekuensi radio Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Semarang sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) di daerah mengemban tugas dan fungsi sebagai pelaksana pengawasan dan pengendalian spektrum frekuensi radio di wilayah Jawa Tengah termasuk pada frekuensi siaran radio dakwah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini merumuskan permasalahan yaitu Bagaimana pelaksanaan monitoring terhadap penyiaran radio dakwah di Jawa Tengah (studi Balai Monitor Kelas 1 Semarang)?

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdapat tiga tahapan yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi (clonclusing drawing). hasil penelitian menunjukan ada tiga radio dakwah telah ditindak oleh Balmon karena melanggar aturan penggunaan spektrum frekuensi yaitu radio Nuansa FM Pati, radio siaran Ramadhani FM, dan radio DAIS FM Masjid Agung Jawa Tengah. Berdasarkan pengelompokan hasil analisis regulasi yang terkait maka peneliti menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan monitoring perlu melibatkan peran aktif yang kooperatif dengan tiga dimensi yakni, dimensi pencegahan (prevention), dimensi pengawasan (supervision), dan dimensi penanganan (handling).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Regulasi radio; Monitoring; Radio dakwah; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 01:09
Last Modified: 08 Apr 2020 01:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics