Strategi goal directed action Indosiar dalam mempertahankan sustainability program dakwah "Mama & AA' Beraksi"

Gustafianto, Derry (2019) Strategi goal directed action Indosiar dalam mempertahankan sustainability program dakwah "Mama & AA' Beraksi". Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi FULL.pdf]
Preview
Text
skripsi FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (893kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu unsur dakwah, media memiliki peran yang sangat besar untuk menyebarkan ajaran agama. Strategi diciptakan untuk meraih penonton sebanyak-banyaknya demi keberlangsungan acara tersebut. Indosiar menjadi salah
satu media yang menayangkan acara dakwah, yaitu acara Mamah & Aa‟ beraksi yang sudah tayang sejak tahun 2007. Untuk mempertahankan acara Mamah & Aa‟, Indosiar memiliki strategi yang mereka gunakan agar sustainability program acara ini dapat terjaga. Dalam pembahasannya, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Goal Directed Action Indosiar dalam mempertahankan sustainability program dakwah Mamah & Aa‟ Beraksi. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang Indosiar gunakan untuk mempertahankan sustainability program acara dakwah Mamah & Aa‟ Beraksi.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif model Miles and Huberman, teknik analisis datanya adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sumber data yang peneliti dapatkan
melalui proses wawancara yang tergolong dalam data primer, seddangkan untuk data sekunder dari penelitian ini adalah share and rate, data penonton, referensi internet dan buku.

Hasil penelitian ini menjalaskan bahwa Indosiar mengadopsi strategi kreatif menurut Sydney W. Head, yaitu : Compability (kesesuaian), Habit information (membangun kebiasaan), Control of audience flow (mengontrol aliran pemirsa), convertion of program resources (pemeliharaan sumber daya
program), Breadth of appeal (daya tarik yang luas). Dengan strategi kreatif yang diaplikasikan Indosiar dapat mempertahankan sustainability program acara dakwah Mamah & Aa‟ beraksi selama 12 tahun sejak tahun 2007 dengan share
12.5 dan rate 1.1 rata-rata setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Goal directed action; Manajemen program; Sustainability program; Media dakwah; Televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 01:19
Last Modified: 08 Apr 2020 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics