Penyelenggaraan wisata religi di Pondok Pesantren Al-Ma'rufiyyah Bringin Semarang tahun 2019

Zuliyanti, Kholisna (2019) Penyelenggaraan wisata religi di Pondok Pesantren Al-Ma'rufiyyah Bringin Semarang tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kholisna Zuliyanti NIM (1401036112), dengan penelitian yang
berjudul “Penyelenggaraan Wisata Religi di Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah Bringin Semarang Tahun 2019”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penyelenggaraan Wisata Religi di Pondok Pesantren Al- Ma’rufiyyah Bringin Semarang Tahun 2019 ? (2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Wisata Religi yang di Selenggarakan Pondok Pesantren Al- Ma’rufiyyah Bringin Semarang Tahun 2019 ?.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengumpulkan data yang dilakukan dengan penelitian di tempat pelaksanaan kegiatan yang diteliti. Metode penelitian skripsi ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan manajemen wisata religi. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan melukiskan secara sistematis fakta dan karakteristik bidang- bidang tertentu secara faktual dan cermat dengan menggambarkan keadaan atau status fenomena.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan wisata religi di Pondok Pesantren Al- Ma’rufiyyah tahun 2019 sudah menerapkan fungsi- fungsi yang ada dalam manajemen, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan/ pelaksanaan, dan pengawasan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan wisata religi yaitu: terjalinya kerjasama dan koordinasi yang baik antar panitia, persiapan yang matang, respon positif dari santri maupun warga sekitar, pembimbing yang menguasai objek wisata, kedisiplinan dari peserta
dalam mentaati arahan dari panitia, kerjasama yang baik dari pihak pengelola tempat wisata religi (ziarah) yang dikunjungi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan dalam hal biaya, kurangnya ketersediaan akomodasi, minimnya tenaga pembimbing, tumpang tindihnya tugas, kurangnya pengalamanya pengurus dalam bidang
pariwisata. Dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa wisata religi dapat dijadikan sebagai alternatif dakwah modern saat ini, dengan berwisata religi dakwah akan lebih menarik dan menyenangkan yaitu dengan mengunjungi situs- situs yang mempunyai nilai- nilai religius, selain itu juga dapat menambah wawasan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata religi; Dakwah; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:06
Last Modified: 23 May 2021 06:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics