Manajemen dakwah Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang

Istito’ah, Istito’ah (2019) Manajemen dakwah Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Dakwah Pondok
Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang”, merupakan salah satu
penelitian yang meneliti tentang manajemen pondok pesantren di
salah satu pondok pesantren yaitu Pondok Pesantren Al-Hikmah
Pedurungan Semarang.

Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang
merupakan salah satu pondok yang memiliki cukup banyak kegiatan keagamaannya dan yang mempertahankan keistiqomahan dalam menyiarkan dakwah Islam. Hal ini menuntut pihak pengurus pondok untuk pandai dalam mengelola seluruh rangkaian kegiatan yang ada di pondok pesantren dengan baik. Oleh karena itu, untuk mengelola kegiatan dakwah dengan baik yaitu dengan memaksimalkan fungsi-fungsi manajemen dalam melakukan aktivitas dakwah yang akan dilaksanakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana
Manajemen Dakwah Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan
Semarang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teknis analisis data seperti teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen dakwah di
pondok pesantren Al-Hikmah Pedurungan Semarang didalamnya
terdapat penerapan fungsi-fungsi manajemen yaitu: 1) Planning (perencanaan), perencanaan di pondok pesantren al-Hikmah Pedurungan samarang yaitu dengan melakukan perkiraan, yang dilakukan dengan mengadakan rapat untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. 2) Organizing (pengorganisasian), yaitu dengan cara mengadakan rapat koordinasi untuk membagi tugas pada setiap kegiatan, memberikan wewenang kepada masing-masing pelaksana. 3) Actuating (penggerakan), yaitu dengan cara pemberian
motivasi, berkomunikasi secara efektif dengan sesama anggota, serta penjalinan hubungan. 4) Controlling (pengawasan), yaitu dengan mengadakan penilaian dan mengadakan pertemuan atau rapat untuk melakukan penetapan standar, mengadakan penilaian dan evaluasi.

Keempat fungsi tersebut dijalankan dengan baik oleh
kepengurusan dalam pondok pesantren Al-Hikmah Pedurungan
semarang hal ini dapat dilihat baik dari perkembangan sumber daya manusiannya dengan baik sehingga pondok pesantren tersebut hingga sampai maupun Pembangunannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:15
Last Modified: 23 May 2021 05:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics