Manajemen pendayagunaan zakat produktif melalui program ekonomi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Blora

Laili, Alfi Rohmatun (2019) Manajemen pendayagunaan zakat produktif melalui program ekonomi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Alfi Rohmatun Laili (1501036031) “Manajemen
Pendayagunaan Zakat Produktif Melalui Program Ekonomi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Blora” Skripsi,
Semarang, Program Strata 1 (S-1), Jurusan Manajemen Dakwah,
Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Walisongo Semarang.

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Blora yang tercatat
oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora pada tahun 2018
mencapai 11,90% atau 102,5 ribu orang. Permasalahan tersebut perlu direspon secara serius, salah satunya dengan menekankan kembali urgensi zakat. BAZNAS Kabupaten Blora memiliki amanah mendistribusikan dan mendayagunakan zakat secara produktif kepada mustahik, terutama yang membutuhkan modal usaha. Selain itu, BAZNAS Kabupaten Blora juga memiliki tanggung jawab dalam setiap programnya agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan yaitu (1)
Bagaimana pendistribusian zakat produktif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Blora? (2) Bagaimana manajemen pendayagunaan zakat produktif melalui program ekonomi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Blora?

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik induktif yaitu menganalisa datadata yang diperoleh melalui pengumpulan data, verifikasi data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendistribusian
zakat produktif memfokuskan pada program untuk kemandirian fakir dan miskin yang produktif dan masuk dalam BDT (Basis Data Terpadu) dengan syarat mereka siap untuk keluar dari BDT. Jumlah zakat yang didistribsikan sebesar 60% untuk zakat produktif dan 40% untuk zakat konsumtif. Bentuk bantuan yang didistribusikan berupa tambahan modal usaha dan pelatihan, serta bantuan hewan ternak sapi. (2) Manajemen pendayagunaan zakat produktif melalui program ekonomi dalam perencanaanya sudah cukup matang, ini dibuktikan dengan adanya perencanaan program, kriteria mustahik, dana,
sosialisasi dan survey, rapat koordinasi, pemberian bantuan, dan pengawasan mustahik. Untuk pengorganisasian belum siap, ini dibuktikan bahwa dalam pengorganisasian sudah ditetapkan tugas masing-masing, namun kenyataannya tidak berjalan dengan lancar. Untuk pelaksanaan program sudah dijalankan sebaik mungkin karena sudah disesuaikan dengan kondisi dan keadaan mustahik di Kabupaten Blora dan juga diberikannya pelatihan dan bimbingan. Untuk pengawasan tidak berjalan lancar karena ada beberapa kendala, ini dibuktikan dalam proses pengawasan pihak BAZNAS belum sepenuhnya mengawasi semua mustahik, sehingga dari hal tersebut BAZNAS bekerjasama dengan seluruh perangkat desa untuk ikut
mengawasi akan tetapi juga tidak berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen zakat; Zakat produktif; Program ekonomi; Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:34
Last Modified: 23 May 2021 05:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11039

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics