Peran Lebe (Modin) perempuan dalam dakwah di masyarakat nelayan Desa Bandengan Kabupaten Kendal

Zamroh, Khumaerotuz (2019) Peran Lebe (Modin) perempuan dalam dakwah di masyarakat nelayan Desa Bandengan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

KHUMAEROTUZ ZAMROH (1501036159), “Peran Lebe (Modin) Perempuan Dalam Dakwah di Masyarakat Nelayan Desa Bandengan Kabupaten Kendal.
Peran adalah sesuatu yang orang lain harapkan dari status. Tanpa adanya peran suatu pekerjaan tidaklah berjalan dengan baik, Peran tidak dapat dipisahkan dengan perilaku seseorang. Peranan lebih banyak menunjuk pada fungsi, penyesuaian diri dan sebagai suatu proses. Jadi seseorang menduduki suatu posisi dalam masyarakat serta menjalankan suatu peran. Begitu halnya sebagai Modin yang merupakan salah satu perangkat desa. Yang tugas pokoknya dekat dengan masyarakat secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peran Lebe (Modin) perempuan dalam dakwah di masyarakat nelayan desa Bandengan Kabupaten Kendal. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam melaksanakan Peran Lebe ( Modin) Perempuan Dalam Dakwah di Masyarakat Nelayan Desa Bandengan Kabupaten Kendal.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, apapun metode sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Bagaimana Peran Lebe (Modin) Perempuan Dalam Dakwah di Masyarakat Nelayan Desa Bandengan Kabupaten Kendal, Apakah Faktor pendukung dan penghambat Peran Lebe (Modin) Perempuan Dalam Dakwah di Masyarakat Nelayan Desa Bandengan Kabupaten Kendal?

Analisis data dalam penelitian ini yaitu dimulai dengan menelaah seluruh data dari berbagai sumber.Kemudian mengadakan data yang ada.Temuan-temuan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Lebe (modin) perempuan dalam menjalankan tugas mengurus jenazah perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Lebe (Modin) perempuan di masyarakat nelayan sangat dibutuhkan karenanya banyak dari mereka yang belom mengetahui bagaimana tata cara mengurus jenazah yang baik dan sesuai dengan syariat Islam, namun masyarakat desa Bandengan kurang kurangnya menghargai profesi Modin. Di masyarakat desa Bandengan ini minimnya pendidikan baik formal maupun non formal yang menjadikan mereka tidak mengetahui bagaimana tata cara mengurus jenazah, dan tidak menjadikan tradisi-tradisi bid'ah sebagai pengetahuan yang benar. Untuk itu pentingnya peran seorang Lebe (Modin) di masyarakat untuk menjembatani upacara keagamaan yang ada di masyarakat. Adapun faktor pendukung peran Lebe(Modin) ini adalah 1.) Keluarga yang setuju dengan profesi Modin, 2.)Amanah langsung dari kepala desa, 3.)Figur agama yang baik 4.)Tauladan yang baik di masyarakat.Adapun faktor penghambat peran Lebe (Modin) perempuan adalah 1.)Jika pas berpergian ada orang yang meninggal, 2.)Masyarakat yang kurang menghargai profesi Modin perempuan, 3.)Tidak adanya cadangan atau pengganti.

Dalam suatu peran atau kegiatan pastilah ada faktor pendukung dan penghambat. Untuk itu jika mengetahui fakta penghambat maka bisa meminimalisir faktor penghambat tersebut.Masyarakat dengan bergeografis yang mayoritas bermata pencaharian nelayan menjadikan memiliki sifat yang keras dan minim nya pendidikan.

Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan agar peran seorang Modin bisa dapat lebih mendapatkan perhatian baik dari segi pemerintah maupun masyarakat.Karena profesi Modin itu sangat mulia, tidak sembarang orang mampu melakukannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modin; Perempuan; Dakwah; Masyarakat nelayan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 04:06
Last Modified: 23 May 2021 05:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics