Strategi marketing pada produk SIRELA : Simpanan Sukarela Lancar di BMT Walisongo Cangan Papandayan Semarang

Ainur Rizqoh, Novanda (2019) Strategi marketing pada produk SIRELA : Simpanan Sukarela Lancar di BMT Walisongo Cangan Papandayan Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of halaman derpan.pdf]
Preview
Text
halaman derpan.pdf

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Ruang lingkup usaha yang dijalankan di Baitul Maal wa Tamwil (BMT) terutama dalam kegiatan usaha funding atau menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dana untuk dihimpun oleh BMT dan disalurkan kepada masyarakat yang kekurangan dana. Salah satu BMT yang melakukan kegiatan usaha menghimpun dana dan menyalurkan dana adalah BMT Walisongo Cabang Papandayan Semarang, yang memiliki banyak produk penghimpunan dana Salah satu produk penghimpunan dana yaitu SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) memerlukan strategi marketing yang baik dan tepat. Anggota sangat penting dalam kegiatan operasional BMT. Perkembangan suatu BMT dapat dilihat dari jumlah anggotanya. Pengenalan suatu produk kepada konsumen atau masyarakat memberikan peluang dalam menarik calon anggota. Memperhatikan hal tersebut di atas, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “Strategi Marketing pada Produk Sirela (Simpanan Sukarela Lancar) di BMT Walisongo Cabang Papandayan Semarang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing yang diterapkan di BMT Salah satu produk simpanan unggulannya yaitu SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) memerlukan strategi marketing yang baik dan tepat. Anggota sangat penting dalam kegiatan operasional BMT. Perkembangan suatu BMT dapat dilihat dari jumlah anggotanya. Pengenalan suatu produk kepada konsumen atau masyarakat memberikan peluang dalam menarik calon anggota. Memperhatikan hal tersebut di atas, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “Strategi Marketing pada Produk Sirela (Simpanan Sukarela Lancar) di BMT Walisongo Cabang Papandayan Semarang dan untuk mengetahui tingkat perkembangan sirela. Adapun metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Seumber data yang penulis gunakan yaitu data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan datan penulis melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Strategi yang digunakan oleh BMT Walisongo Cabang Papandayan Semarang yaitu dengan persiapan pribadi marketing yang meliputi performa marketing, alat kerja, planning (perencanaan) dan komunikasi. Selain itu ada penetapan target, adanya target tertentu marketing menjadi lebih bersemangat dan bekerja lebih giat. Dengan menggunakan promotion yang meliputi periklanan menggunakan brosur, spanduk dan kalender, penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), serta publisitas (publicity). Yang terakhir dengan mendatangi calon anggota sehingga mempermudah nasabah yang tidak mempunyai banyak waktu untuk menabung di kantor BMT Walisongo Cabang Papandayan Semarang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Marketing; Simpanan; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 04:27
Last Modified: 05 Jun 2021 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11058

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics