Analisis distribusi bantuan pangan non tunai untuk mengurangi kemiskinan dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus di Desa Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Fatmawati, Siti (2019) Analisis distribusi bantuan pangan non tunai untuk mengurangi kemiskinan dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus di Desa Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (578kB) | Preview

Abstract

Program Bantuan Pangan Non Tunai merupakan program sosial dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat miskin yang berupa beras dan/telur. Namun karena mudahnya proses mendapatkan bantuan, banyak masyarakat yang tidak miskin juga mendapatkan bantuan. Hal ini tentu menjadikan adanya tidak tepat sasaran penerima bantuan dan adanya unsusr ketidakadilan dalam sistem distribusi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme penyaluran Bantuan Pangan Non tunai di Desa Magelung. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana distribusi Bantuan Pangan Non Tunai di Desa Magelung dalam perspektif Ekonomi Islam?

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberian bantuan diberikan secara tiba-tiba tanpa adanya pendataan terlebih dahulu yang melibatkan pemerintah desa. Hal ini yang menyebabkan adanya penerima bantuan yang berasal dari keluarga tidak miskin dan tidak sesuai dengan tujuan program yaitu mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin. Disribusi yang seperti ini tidak tepat menurut perspektif Ekonomi Islam. Barang konsumtif seperti Bantuan Pangan Non Tunai seharusnya untuk masyarakat miskin, dan bukan untuk masyarakat kaya. Karena dalam Ekonimi Islam yang dibutuhkan masyarakat kaya adalah modal untuk investasi dalam meningkatkan ekonomi mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Distribusi bantuan; Kemiskinan; Bantuan non tunai; Bantuan pangan; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 04:25
Last Modified: 14 Apr 2020 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11079

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics