Pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan premi terhadap masyarakat (anggota asuransi syariah) Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan dalam keputusan berasuransi syariah

Chotimah, Annisa Chusnul (2019) Pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan premi terhadap masyarakat (anggota asuransi syariah) Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan dalam keputusan berasuransi syariah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi Lengkap-dikonversi.pdf]
Preview
Text
Skripsi Lengkap-dikonversi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Asuransi adalah salah satu solusi yang dapat membantu mengatasi resiko yaitu dengan membagi dan mengalihkan risiko tersebut kepada pihak lain. Secara umum indeks inklusi keuangan syariah yang lebih tinggi dibandingkan indeks literasi, tetapi pada sektor asuransi syariah indeks literasi lebih tinggi dibandingkan indeks inklusi. Alasan penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk mengambil keputusan dalam berasuransi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan besaran premi terhadap keputusan masyarakat dalam berasuransi syariah.

Penelitian ini menggunakan kuesioner online dan kusioner langsung yang dibagikan kepada sebagian masyarakat Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Semarang dengan sampel sebanyak 35 jiwa. Sampel yang diambil menggunakan non-probability samplin, dengan teknik sampling aksidental. Kuesioner di uji validitas dan realibilitas terlebih dahulu sebelum dilakukan uji-uji selanjutnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, pengetahuan, dan besaran premi berpengaruh terhadap keputusan berasuransi syariah. Selain itu, religiusitas, pengetahuan, dan besaran premi secara serempak berpengaruh terhadap keputusan berasuransi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nasabah; Asuransi syariah; Religiusitas; Pengetahuan; Premi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 05:01
Last Modified: 14 Apr 2020 05:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics