Analisis pengaruh viral marketing dan fasilias wisata terhadap keputusan berkunjung : studi pada wisata religi Masjid Safinatun Najah

Widiastutik, Rialita (2019) Analisis pengaruh viral marketing dan fasilias wisata terhadap keputusan berkunjung : studi pada wisata religi Masjid Safinatun Najah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pengaruh viral marketing dan fasilitas wisata berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan berkunjung pada wisata religi Masjid Safinatun Najah di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana tujuannya adalah untuk menyajikan hasil penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah pengunjung di Masjid Safinatun Najah. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode accidental sampling dan
menghasilkan 100 responden dan diolah menggunakan program SPSS. Data yang diolah dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji statistik yang terdiri dari uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R2). Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji
lineritas. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa viral marketing dan fasilitas wisata berpengaruh positif secara parsial maupun simultan terhadap keputusan berkunjung pada wisata religi Masjid Safinatun Najah. Hal ini dibuktikan dari
nilai t hitung seluruh variabel lebih besar dari t tabel. Kemudian variabel viral marketing dan fasilitas wisata secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung sebesar 57,533 lebih besar dari F tabel 3,09. Sedangkan koefisien determinasi
(R2) diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,543, secara keseluruhan viral marketing dan fasilitas wisata sebesar 54,3% terhadap keputusan berkunjung dan sisanya 45,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Keputusan berkunjung; Viral marketing; Media sosial; Fasilitas wisata; Wisata religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 05:06
Last Modified: 14 Apr 2020 05:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11095

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics