Analisis pengaruh tingkat literasi keuangan, kecerdasan spiritual, dan ekonomi orang tua terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Kulsum, Umi (2019) Analisis pengaruh tingkat literasi keuangan, kecerdasan spiritual, dan ekonomi orang tua terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh literasi keuangan, kecerdasan spiritual dan ekonomi orang tua terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
pendekatan asosiatif. Dengan jumlah populasi sebanyak 2426
mahasiswa di FEBI UIN Walisongo Semarang. Sampel penelitian ini sebanyak 96 responden dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data menggunkan angket (kuesioner) dengan menggunakan metode accidental sampling dan diolah menggunakan program SPSS. Adapun teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5%
menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa, variabel kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa, dan variabel ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. kemudian secara bersama-sama variabel literasi keuangan, kecerdasan spiritual dan ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa
dibuktikan dengan nilai F hitung 22,830 lebih besar dari nilai F tabel 2,70 dengan tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Sedangkan diketahui nilai R Square sebesar 0,427, artinya secara keseluruhan literasi keuangan, kecerdasan spiritual dan ekonomi orang tua berpegaruh terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa sebesar 42,7% dan sisanya 57,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan; Kecerdasan spiritual; Ekonomi orang tua; Pengelolaan keuangan; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 05:12
Last Modified: 14 Apr 2020 05:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics