Analisis penetapan harga jual bawang merah dalam perspektif ekonomi Islam di Desa Sengon Kec. Tanjung Kab. Brebes

Rosyidah, Nurul (2019) Analisis penetapan harga jual bawang merah dalam perspektif ekonomi Islam di Desa Sengon Kec. Tanjung Kab. Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1705026203.pdf]
Preview
Text
NIM1705026203.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penetapan harga adalah penetapan harga dilakukan oleh kekuatan-kekuatan pasar, yaitu kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran. Dalam konsep Islam pertemuan permintaaan dengan penawaran tersebut haruslah terjadi rela sama rela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penetapan harga jual bawang merah yang terjadi di Desa Sengon Kec. Tanjung Kab. Brebes. Manfaat yang diperoleh yaitu untuk menambah khazanah keilmuan dan sebagai kontribusi serta menjadi bahan masukan bagi para pengambil kebijakan untuk selalu mempertimbangkan kesejahteraan rakyat setiap mengambil keputusan. Untuk menjawab permasalahan yang ada dalam penelitian ini, Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari data primer, yaitu data yang berasal dari penelitian lapangan secara langsung, antara lain yaitu hasil wawancara dengan pengurus organisasi bawang merah, pedagang, petani, tengkulak d Desa Sengon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Selain itu penulis menggunakan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari buku-buku refrensi dan jurnal karya orang lain. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan metode observasi, dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme penetapan harga jual bawang merah di Desa sengon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes dan penetapan harga bawang merah dalam perspektif ekonomi Islam.

Berdasarkan hasil penelitian, penetapan harga yang terjadi di Desa Sengon Kec. Tanjung Kab. Brebes mekanisme penetapan harga menggunakan metode penetapan berbasis biaya. Harga bawang merah dihitung dari biaya-biaya pengeluaran, baik produksi barang, transportasi dan lain sebagainya. Ditambah dengan margin keuntungan yang diinginkan dan hasil itulah harga bawang merah dijual. Harga bawang merah di Desa Sengon Kecamatan Tanjung ini tidak jauh beda dengan harga pasar tradisional di Kabupaten Brebes. Selain itu terdapat beberapa faktor yaitu faktor cuaca, iklim dan faktor permintaan penawaran. Konsep penetapan harga dalam perspektif ekonomi Islam juga sudah sesuai dengan ajaran Al-Qur‟an dan Al-Sunnah, maka pada saat pedagang menetapkan harga dengan pembeli, hal ini mereka tetapkan dengan saling ridha dan tidak saling menzhalimi, harganya sudah adil dan mekanisme penetapan harganya berorientasi pada kesejahteraan. Dan dalam konsep Islam bahwa penentuan harga harus dilakukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran,para pedagang hanya mengambil beberapa keuntungan. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam bahwa Islam tidak melarang berapapun keuntungan yang di dapat, tetapi jangan sampai terlalu bernafsu mengambil keuntungan, sehingga dapat merugikan atau memberatkan pihak pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penetapan harga; Jual beli; Harga jual; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:38
Last Modified: 03 Mar 2020 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics