Pengaruh religiusitas, pendapatan dan media sosial terhadap keputusan membayar zakat : studi kasus pada profesi masyarakat muslim Kecamatan Ngaliyan

Turhamun, Tatang (2019) Pengaruh religiusitas, pendapatan dan media sosial terhadap keputusan membayar zakat : studi kasus pada profesi masyarakat muslim Kecamatan Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1705026211.pdf]
Preview
Text
NIM1705026211.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masyarakat muslim Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, belum bisa melakukan pembayaran zakat profesi secara rutin. Dari total 100 responden, 71% tidak bisa secara konsisten membayar zakat profesi, di satu sisi lain secara finansial sudah cukup untuk dikeluarkan zakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh variable independen yaitu religiusitas, pendapatan dan media sosial terhadap keputusan membayar zakat profesi khususnya masyarakat muslim di Kecamatan Ngaliyan. Untuk mengetahui apakah variabel religiusitas, pendapatan dan media sosial secara simultan berpengaruh terhadap keputusan membayar zakat profesi masyarakat muslim Kecamatan Ngaliyan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden, dengan menggunakan teknik random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 24 dan yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang meliputi uji R², uji F dan uji t. Berdasarkan hasil pengujian variabel independen religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat profesi masyarakat muslim Kecamatan Ngaliyan. Dengan nilai t hitungnya sebesar 2,059 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,042, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Hο ditolak dan Ha diterima karena nilai t hitungnya lebih besar daripada t table (2,059> 1,660). Berdasarkan hasil pengujian variabel independen pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat profesi masyarakat muslim Kecamatan Ngaliyan, dengan nilai t hitungnya sebesar 4,776 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,000 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Hο ditolak dan Ha diterima, karena nilai t hitungnya lebih besar daripada t table (4,776 > 1,660). Berdasarkan hasil pengujian variabel independen media sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan membayar zakat profesi masyarakat muslim Kecamatan Ngaliyan, dengan nilai t hitungnya sebesar 1,056 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,294, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Hο diterima dan Ha ditolak, karena nilai t hitungnya lebih kecil daripada t table (1,056 < 1,660). Kemudian dar uji simultan (F) nilai F hitung sebesar 20,204 dan signifikansinya pada 0,000 < dari ɑ = 0,05 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variable independen (religiusitas, pendapatan, media sosial) secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variable dependen yaitu keputusan membayar zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat profesi; Religiusitas; Pendapatan; Media Sosial; Masyarakat muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:59
Last Modified: 07 Apr 2020 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11118

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics