Alfiah, Luthfiatul (2019) Pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah di Kecamatan Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1505036015.pdf]
Preview
Text
NIM1505036015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masyarakat di Kecamatan Ngaliyan merupakan salah satu pangsa pasar bagi bank syariah dimana dalam perkembangan wilayah sebagai kawasan industri juga diiringi oleh pertumbuhan aspek-aspek pendukung lainnya, seperti permukiman dan fasilitas sosial ekonomi. Dengan berkembangnya perekoniam di Kecamatan Ngaliyan mendorong masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan seperti bank syariah, namun dalam mengambil keputusan masyarakat memiliki pertimbangan masing-masing dengan produk atau instansi mana yang akan dipilih. Sehingga bank syariah dituntut untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat agar memilih bank syariah. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat adalah faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Dalam penelitian ini penulis mengambil dua variabel yaitu faktor pribadi dan faktor psikologis mengingat kedua faktor tersebut merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan masyarakat atau nasabah dalam menentukan suatu pilihan.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kecamatan Ngaliyan yang menggunakan bank syariah. Pengabilan sampel menggunakan metode accidental samplingyang berjumlah 100 sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, faktor pribadi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah di Kecamatan Ngaliyandengan t hitung 14,148 lebih besar daripada t tabel 1,66071 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil daripada 0,05. Kedua,faktor psikologis tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah di Kecamatan Ngaliyan dengan t hitung -1,072 lebih besar dari t tabel 1,66071 dengan nilai signifikan 0,286 lebih besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Faktor Pribadi; Faktor Psikologis; Keputusan Nasabah; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 31 Mar 2020 00:04
Last Modified: 02 Jun 2021 08:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11120

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics