Analisis implementasi mekanisme produk tabungan Faedah Haji pada BRI Syariah Cabang Bekasi

Iftikartika, Zumala (2019) Analisis implementasi mekanisme produk tabungan Faedah Haji pada BRI Syariah Cabang Bekasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1505036146.pdf]
Preview
Text
NIM1505036146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Haji, adalah rukun (tiang agama) islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa, menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin sedunia yang mampu (material, fisik,dan keilmuan)dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di arab saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Dzulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang biasa dilaksanakn sewaktu– waktu. Tabungan haji adalah suatu simpanan perencanaan yang dilakukan perorangan yang mempunyai rencana menunaikan ibadah haji. Perencanaan itu dapat di lakukan dengan meng investasikan uang kita secara berangsur-angsur ke lembaga keuangan (Bank Syariah) maupun bentuk investasi lainnya. Tabungan haji merupakan suatu bentuk pelayanan dari perbankan yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam merencanakan tabungan untuk berangkat haji. Adapun bentuk penelitian ini adalah deskriptif yaitu data yang pada umumnya berbentuk uraian atau kalimat yang merupakan informasi mengenai keadaan sebagaimana sumber data, dalam hubungan masalah yang diselidiki. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem bagi hasil yang digunakan oleh BRI Syariah Cabang Bekasi ialah mekanisme sistem revenue sharing dengan menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah, dimana pembagian keuntungan pengelolaan dana yang dilakukan oleh bank BRI Syariah Cabang Bekasi sebelum dipotong biaya operasional dan bagi hasil dihitung dari keuntungan kotor atau total pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tabungan Haji; Bagi hasil; Mudharabah; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:42
Last Modified: 11 Jun 2021 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11133

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics