Astuti, Vany Yuni (2019) Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan terhadap minat menggunakan mobile banking : studi kasus masyarakat Desa Sukobubuk Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1605036099.pdf]
Preview
Text
NIM1605036099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era modern sekarang ini, teknologi semakin maju dengan pesat. Salah satu bidang yang menggunakan teknologi ialah bidang perbankan. Ketika membicarakan tentang perbankan, maka tidak lepas dari kegiatan perbankan yaitu transaksi keuangan. Transaksi akan mudah dilakukan jika menggunakan mobile banking. Di era globalisasi saat ini setiap orang mempunyai mobilitas yang sangat banyak, seperti kegiatan jual-beli menggunakan internet dan juga banyak penjual yang berjualan di internet maupun sosial media. Mobile banking diciptakan untuk para nasabahnya agar lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi. Bank memberikan jasa layanan mobile banking karena demi kemudahan dan kegunaan untuk para nasabahnya. Dalam mobile banking, terdapat persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan juga akan mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan mobile banking. Pemuda adalah bagian salah satu elemen yang sangat penting dalam masyarakat. Masyarakat Desa Sukobubuk merupakan salah satu Desa yang memiliki pemuda berjumlah banyak dibanding desa-desa yang lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh 1) variabel persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan mobile banking dan pengaruh 2) variabel persepsi kebermanfaatan terhadap minat menggunakan mobile banking. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Objek penelitian ini adalah seluruh Masyarakat Desa Sukobubuk Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati yang berusia 13 - 45 tahun. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji deskriptif, validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis yang meliputi uji T, uji F, dan koefisien Determinasi (R2).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan (X1) dan persepsi kebermanfaatan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking (Y), baik secara parsial maupun simultan. Dapat dilihat dari nilai T-hitung yaitu sebesar 2,036 untuk X1 dan 2,369 untuk X2. Dengan memiliki nilai F-hitung sebesar 5,625 yaitu lebih besar dari F-tabel yaitu 2,32. Sedangkan dari hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien determinan (R2) sebesar 0,117 atau 11,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mobile banking; Persepsi kemudahan; Persepsi kebermanfaatan
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:34
Last Modified: 11 Jun 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics