Kebijakan pembangunan kesejahteraan di Kabupaten Kendal : studi politik distribusi bantuan pangan non tunai di Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh tahun 2018

Dewi, Fithroh Amalika (2019) Kebijakan pembangunan kesejahteraan di Kabupaten Kendal : studi politik distribusi bantuan pangan non tunai di Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1506016008_FITHROH_AMALIKA_DEWI]
Preview
Text (SKRIPSI_1506016008_FITHROH_AMALIKA_DEWI)
NIM1506016008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembangunan adalah upaya berkesinambungan untuk menciptakan keadaan yang dapat menyediakan lebih banyak alternatif yang sah (valid) bagi setiap warga negara untuk mencapai aspirasinya yang paling humanistik. Pada umumnya, aspirasi yang paling humanistik tersebut dinyatakan sebagai peningkatan kesejahteraan masyarakat. Mengingat bahwa kemiskinan di Indonesia masih cukup tinggi. Salah satu program penanggulangan kemiskinan di Indonesia adalah Program Bantuan Pangan Non Tunai. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat melalui pemenuhan kebutuhan pangan.
Di desa Johorejo kecamatan Gemuh kabupaten Kendal merupakan salah satu desa yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai dan berlangsung sejak tahun 2017. Alasan penulis meneliti di desa Johorejo karena ada masyarakat yang mengeluh hanya mendapatkan tiga kali bantuan saja. Sebelumnya, masyarakat menerima bantuan sosial yang bernama Raskin kemudian diperbarui menjadi Rastra dan yang saat ini sedang berjalan yaitu program Bantuan Pangan Non Tunai. Penulis ingin mengkaji bagaimana kebijakan BPNT yang berjalan di desa Johorejo.
Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu sebuah penelitian dimana peneliti menggali suatu fenomena tertentu (kasus) dalam suatu waktu dan kegiatan (program, even, proses, institusi atau kelompok sosial) serta mengumpulkan informasi secara terperinci dan mendalam dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama periode tertentu.
Hasil penelitian ini adalah program BPNT di desa Johorejo sudah terlaksana dengan baik. Masyarakat penerima mengatakan BPNT membantu dalam perekonomian mereka. Setelah berjalannya BPNT, masalah perekonomian sedikit teratasi. Uang yang biasa dibelanjakan buat beli sembako bisa digunakan untuk kebutuhan lain, setidaknya dapat meringankan pengeluaran mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; BPNT; Pembangunan; Kesejahteraan; Kesejahteraan Masyarakat; Pelayanan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 17 Apr 2020 07:19
Last Modified: 19 Nov 2021 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics