Pelembagaan partai kebangkitan bangsa di Kabupaten Kendal tahun 2014-2019

Setiadi, Fachri (2019) Pelembagaan partai kebangkitan bangsa di Kabupaten Kendal tahun 2014-2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1506016014_Fachri_Setiadi]
Preview
Text (SKRIPSI_1506016014_Fachri_Setiadi)
NIM1506016014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Partai politik adalah pilar utama kehidupan demokrasi. Partai politik menjadi parameter perpolitikan di Indonesia. Sebuah partai yang pelembagaannya baik akan memberikan dampak positif bagi perpolitikan. Karena proses pelembagaan dari roda partai yang berjalan sesuai kesepakatan yang disepakati bersama. Proses pelembagaan tidak hanya berbicara tentang internal partai saja, didalam proses pelembaagaan ada beberapa yang perlu diamati. Dari proses pemantapan structural partai politik hingga dalam sisi kultural.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan naratif, dengan tujuan untuk menelidiki kehidupan individu-individu dan meminta seseorang atau kelompok individu untuk menceritakan kehidupan mereka. Kemudian informasi yang didapat, diceritakan kembali oleh peneliti dalam bentuk kronologi naratif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggukan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentasi dan analisis data.
Hasil penelitian bahwa dari sisi pelembagaan Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Kendal sudah bisa membangun pelembagaan dengan baik pada pemilu 2019, diukur dari teori pelembagaan partai politik Randall dan Svavand. Berikut beberapa hasil keberhasilan dan kegagalan partai dalam membangun kelembagaan. Pertama, dalam demokrasi partai, Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Kendal selalu mengedepankan musyarawah mufakat. Kedua, selalu mengedepankan platform partai. Ketiga selalu bersinergi dengan organisasi sayap dan basis dukungan. Keempat, Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Kendal secara kelembagaan sampai saat ini memiliki basis yang kuat. Kelima, pelembagaan Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Kendal terdapat kekurang pada proses pendaan yang tidak berjalan dengan baik.
Studi ini memberikan gambaran bahwa untuk melihat kemapanan partai, tidak hanya dapat dilihat pada level nasional. Karena, peran partai di daerah akan menentukan keberhasilan partai di akar permukaan. Dengan partai politik tingkat lokal harus menjalankan tugasnya dengan mengakarkan platformnya serta menjalankan kaidah kaidah konsituen sehingga partai bisa berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partai politik; Pelembagaan partai; Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 17 Apr 2020 08:55
Last Modified: 19 Nov 2021 09:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics