Politik perempuan di tingkat lokal : studi peran muslimat dan fatayat NU dalam mobilisasi suara pada Pilkada 2018 di Kabupaten Tegal.

Muzaeni, Anicka (2019) Politik perempuan di tingkat lokal : studi peran muslimat dan fatayat NU dalam mobilisasi suara pada Pilkada 2018 di Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1506016024_ANICKA_MUZAENI]
Preview
Text (SKRIPSI_1506016024_ANICKA_MUZAENI)
NIM1506016024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kiprah politik perempuan dewasa ini telah menjadi perbincangan yang menarik. Perempuan telah menunjukan eksistensinya sebagai bagian penting dari masyarakat yang memiliki peran penting dalam berkontribusi membangun bangsa dan negara. Begitu juga yang diperlihatkan oleh Fatayat dan Muslimat NU pada Pilkada Tegal 2018. Bahwa kemenangan Umi-Ardie pada Pilkada Tegal 2018 disinyalir kuat mendapat dukungan dari kekutan jaringan perempuan NU. Jumlah anggota Fatayat dan Muslimat NU Kabupaten Tegal mencapai 73 ribu anggota, ini adalah jumlah yang besar dan dapat menjadi mesin politik penting untuk mendukung kemenangan seorang kandidat, baik sebagai tim sukses atau sebagai broker politik. Dalam hal ini, penting untuk diteliti bagaimana peran Fatayat dan Muslimat NU pada Pilkada Tegal 2018. Bagaimana Elite Fatayat dan Muslimat NU memandang konstituen dan oraganisasi dan langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh Fatayat dan Muslimat NU dalam mengambil peran sebagai tim sukses pada Pilkada Tegal 2018. Kiranya pertanyaan penelitian itu yang akan dijawab pada skripsi ini.
Lebih lanjut, penelitian ini menggunakan metode kualaitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Elite Fatayat dan Muslimat NU dalam memandang kosntituen sebagai Wonge dewek. Hal ini berarti bahwa sebagian besar masyarakat Kabupaten Tegal adalah warga Nahdliyin. Ini memberikan pemahaman kepada Fatayat dan Muslimat NU bahwa sebagai warga Nahdliyin sudah seharusnya mendukung pemenangan Umi-Ardie yang didukung oleh 9 ulama besar NU. Dalam kontribusinya di dunia politik, Fatayat dan Muslimat NU melakukan berbagai upaya dalam memobilisasi suara diantara dengan melakukan sosialiasi dan konsolidasi dari tingkat cabang sampai dengan tingkat majelis taklim tanpa menggunakan politik uang sedikitpun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Politikus Perempuan; Fatayat; Muslimat
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 21 Apr 2020 23:10
Last Modified: 19 Nov 2021 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics