Rekavianti, Elsya (2019) Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program kampung iklim :Proklim di Kelurahan Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1506026003.pdf]
Preview
Text
NIM1506026003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan upaya peningkatan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain dalam melakukan penguatan kapasitas adaptasi masyarakat terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. Dalam perkembangannya, Proklim telah menjadi Program yang telah banyak mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat di Indonesia guna mengatasi dampak perubahan iklim. Kegiatan pengelolaan lingkungan oleh masyarakat lokal, telah berkontribusi dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Partisipasi masyarakat menjadi salah satu indikator penting dalam keberhasilan suatu program termasuk Proklim. Kelurahan Cepoko sebagai salah satu kampung iklim yang turut andil dalam pelaksanaan Proklim, memiliki peran penting dalam upaya meminimalisir terjadinya dampak perubahan iklim dan membantu penurunan emisi gas rumah kaca di Kota Semarang. Dari latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah penelitian ini terdiri dari bagaimana pelaksanaan program kampung iklim dan bagaimana partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan proklim di Kelurahan Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari hasil observasi partisipatoris dan wawancara mendalam dengan informan mengenai partisipasi masyarakat dan pelaksanaan Proklim di Kelurahan Cepoko. Kemudian, data sekunder diperoleh dari dokumen, studi literatur, buku, artikel, jurnal maupun data pendukung yang terkait. Data dianalisis menggunakan teknis analisis data model interaktif dengan proses analisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kajian penelitian menggunakan teori tindakan dari Max weber. Tindakan masyarakat dalam pelaksanaan Proklim telah mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam upaya pengendalian dampak perubahan iklim dan menurunkan emisi gas rumah kaca.

Proklim di Kelurahan Cepoko telah sesuai dengan indikator pelaksanaan proklim. Kegiatan yang dilakukan telah berkontribusi dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Partisipasi masyarakat diberikan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pemantauan serta pemanfaatan hasil kegiatan. Berbagai bentuk partisipasi juga diwujudkan masyarakat dengan uang, tenaga, ketrampilan dan ide atau gagasan dalam pelaksanaan Proklim diwilayah ini. Selain itu, keberadaan kelompok masyarakat, dukungan kebijakan, tingkat keswadayaan masyarakat, partisipasi gender, kapasitas masyarakat dan keterlibatan pemerintah, LSM dan Perguruan tinggi telah membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Proklim di Kelurahan Cepoko. Namun, sistem pendanaan, pendampingan perangkat desa dan konsistensi dalam kegiatan yang kurang maksimal, menjadi kendala dalam pelaksanaan Proklim di Kelurahan Cepoko.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Desa; Kegiatan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201- Sosiologi
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 25 Apr 2020 04:19
Last Modified: 29 May 2021 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11147

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics