Pernikahan usia anak dalam perspektif Gender Studi kasus di Desa Tlogosih Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak

Achsanti, Maulida (2019) Pernikahan usia anak dalam perspektif Gender Studi kasus di Desa Tlogosih Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1506026036.pdf]
Preview
Text
NIM1506026036.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mayoritas perempuan di Desa Tlogosih melakukan praktik pernikahan di bawah usia 18 tahun, pada fenomena pernikahan yang terjadi di Desa Tlogosih tersebut secara tidak langsung terdapat ketidakadilan gender antara laki-laki dan perempuan. Pernikahan yang terjadi akbiat dari faktor-faktor baik dari keluarga maupun lingkungan tersebut secara tidak langsung mengharuskan perempuan untuk melakukan perniakahan di bahwa usia anak, dengan alasan melalui perniakahan usia anak tersebut mampu menghilangkan norma-norma yang ada di masyarakat, padalah perempuan yang menikah di usia anak justru rentan terhadap berbagai resiko kesehatan, selain itu terdapat dampak lain yang disebabkan oleh terjadi pernikahan usia anak. Akan tetapi masyarakat tidak menyadari bahwa dampak-dampak yang terjadi pada perempuan tersebut diakibatkan oleh pernikahan yang terlampau dini yang dilakukan oleh perempuan. Maka dengan begitu untuk mengetahiu permasalahan yang terjadi peneliti memiliki 3 rumusan masalah, diantaranya adalah membahas tentang konsep usia ideal menikah menurut masyarkat, ,membahas tentang bagaimana proses pengambilan keputusan perempuan Desa Tlogosih untuk menikah di usia anak, serta membahas tentang faktor dan dampak dari perikaha tersebut.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan cara menekankan analisa atau penilaian secara mendalam terhadap data yang diperoleh di lapangan dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dari beberapa narasumber, dan berbagai data pendukung yang diperoleh, diterjemahkan melalui perspektif peneliti tanpa merubah esensi atau makna dari data yang diperoleh. Setelah proses memperoleh data-data langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikannya sesuai dengan permasalahan yang diteliti untuk kemudian data tersebut disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.Menggunakan metode tersebut memudahkan peneliti untuk memilah data yang didapat dari lapangan melui data-data primer maupun sekunder.
Melalui penelitian ini kita dapat tahu bahwa pernikahan usia anak yang terjadi di Desa Tlogosih tersebut terdapat bias gender antara laki-laki dan perempuan, dimana laki-laki dibebaskan untuk mereka menikah sedangkan perempuan mereka diberi batas untuk menikah yaitu di usia yang masih sangat muda, melalui penelitian ini kita dapat tahun pernikahan usia anak terjadi akibat beberapa faktor yang mempengaruhi dan memunculkan masalaha baru yang tidak di sadari oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: pernikahan usia anak; perempuan; proses pengambilan keputusan
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 07 May 2020 03:51
Last Modified: 07 May 2020 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11148

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics