Pengaruh program koin NU LAZISNU Kota Semarang terhadap keberdayaan masyarakat di Desa Wonolopo

Kharimah, Ismiyatul (2019) Pengaruh program koin NU LAZISNU Kota Semarang terhadap keberdayaan masyarakat di Desa Wonolopo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1506026043.pdf]
Preview
Text
NIM1506026043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manusia adalah sebagai makluk individu yaitu makluk sosial yang tidak bisa dipisahkan dari suatu perubahan. Dalam kehidupan bermasyarakat pasti ada yang namanya perubahan. Perubahan- perubahan masyarakat yaitu seperti halnya nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, pola- pola perilaku dari suatu organisasi, dan susunan lembaga kemasyrakatan. Perubahan pandangan lembaga filantrapi seperti LAZISNU Kota Semarang dimasyarakat Wonolopo ini merupakan salah satu perubahan masyarakat. Hal ini sebabkan oleh Program Gerakan KOIN NU yang didirikan oleh LAZISNU Kota Semarang. Program Gerakan KOIN NU ini merupakan suatu wadah penyalur infaq dan shodaqoh masyarakat NU Kota Semarang terutama masyarakat Wonolopo. Sebelum adanya Program Gerakan KOIN NU ini, pengumpulan infaq dan shodaqoh dari masyarakat digunakan untuk kegiatan keagamaan seperti halnya pembangunan masjid, peringan hari- hari islam, dan kegiatan- kegiatan islam yang lainnya yang membutuhkan dana yang besar. Dan biasanya dana tersebut diperoleh dari penarikan dana masyarakat yang cukup sangat banyak sehingga memberatkan masyarakat. Tetapi setelah adanya Program Gerakan KOIN NU ini pandangan masyaakat berbeda, masyarakat merasa sangat ringan untuk berinfaq dan bershodaqoh. Karena dalam Program KOIN NU ini tidak ditentukan besar nominalnya dalam berinfaq dan bershodaqoh. KOIN NU merupakan gerakan Nahdliyin yang tujuannya untuk mengumpulkan uang koin atau receh baik berjumlah 100 rupiah atau beapa saja jumlah rupiahnya yang penting receh atau koin.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengetahui strategi program KOIN NU dalam pembedayaan masyarakat di LAZISNU Kota Semarang serta dampak program KOIN NU terhadap keberdayaan masyarakat Kelurahan Wonolopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer merupakan data yang didapat langsung dari informan dalam penelitian, sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari dokumen guna untuk melengkapi data dalam penelitian. subjek dalam penelitian ini adalah pengurus LAZISNU Kota Semarang, Masyarakat Wonolopo yang mendapatkan bantuan dana, dan dokumen dari Kelurahan Wonolopo. Penelitian ini menggunakan analisis pemberdayaan sebagai kerangka teori. Pemberdayaan ini melihat bagaimana apakah program KOIN NU dalam menjalankan progam sudah benar- benar merubah masyaakat menjadi berdaya atau sejahtera. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, dengan program KOIN NU strategi yang dilakukan LAZISNU dalam memberdayakan masyarakat dengan cara memberikan bantuan bahan makanan, material maupun uang tunai. Untuk pendanaan kegiatan lembaga NU, pembangunan gedung secretariat MWC NU, biaya pengajian, dan pertemuan rutin NU, biaya pengoprasional Gerakan KOIN NU, pemberian sembako, dan uang tunai pada kaum duafa, beasiswa, pemberian layanan ambulan gratis, dan pemberian bantuan- bantuan yang lainnya seperti pakaian, peralatan sholat, mandi bagi masyarakat yang terkena bencana seperti banjir dan kebakaran. Program KOIN NU LAZISNU Kota Semarang merupakan suatu program yang berjalan berkat adanya kerjasama antara LAZISNU dengan pengurus di MWC, ranting, dan kordinator jama’ah. Dimana sistem pembagiannya LAZISNU 20%, MWC 30%, Ranting 25% dan kordinator jama’ah 25%. Saat ini penggunaan dana lebih difokuskan 100% untuk ranting dan kordinator jama’ah dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan penguatan di tingkat Ranting.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; LAZISNU
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 27 May 2020 11:52
Last Modified: 03 Jul 2021 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11150

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics