Peran petani perempuan dalam pengelolaan produksi pertanian di Desa Sukodadi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal

Hidayah, Nailul (2019) Peran petani perempuan dalam pengelolaan produksi pertanian di Desa Sukodadi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1506026069.pdf]
Preview
Text
NIM1506026069.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hampir semua perempuan yang ada di Desa Sukodadi terlibat aktif dalam usaha mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Berbagai macam usaha mereka lakukan agar dapat memenuhi kebutuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan keluarga seperti menjadi buruh pabrik, pembantu rumah tangga hingga buruh tani. Pada musim tanam dan panen, peranan perempuan sangatlah penting dalam keberlangsungan proses pertanian. Tanpa keberadaan perempuan akan sangat sulit dalam melakukan proses pertanian atau dengan kata lain perempuan merupakan faktor sentral dalam proses pertanian. Keterlibatan wanita dalam mengatasi perekonomian keluarga berdasarkan pemahaman bahwa tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan seorang istri, karena tugas itu harus dilaksanakan secara bersama-sama bukan siapa yang paling utama tetapi yang dikerjakan paling penting bagi mereka adalah kebutuhan keluarga yang tercukupi. Berdasarkan pernyataan yang demikian, penelitian ini berusaha untuk mengetahui peranan perempuan dalam ekonomi serta partisipasi mereka terhadap pengelolaan produksi pertanian di Desa Sukodadi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal dan bagaimana pandangan masyarakat terhadap perempuan yang bertani.
Untuk mencapai hal yang dimaksud, maka penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menggambarkan atau mendeskripsikan realitas sosial yang kompleks dan juga hal-hal baru yang ada di dalam masyarakat, sedangkan teknik data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literature. Penelitian ini menunjukan bahwa pembagian wilayah privat dan publik merupakan konstruksi sosial yang didasarkan pada ketentuan agama serta lebih melestarikan patriarchal. Masyarakat Desa Sukodadi, bekerja tidak terbatas pada persoalan reproduksi dan produksi privat dan publik, akan tetapi berdasarkan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga berdasarkan kesamaan derajat antara suami dan istri.
Oleh karena itu perempuan di Desa Sukodadi memiliki dua peranan sekaligus yaitu peran domestik dan peran publik. Keadilan sosial ekonomi yang menjadikan mereka berperan ganda, keterlibatan perempuan dalam kedua peran tersebut dilakukan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab untuk menciptakan keluarga yang bahagia dan dalam relasi kesejajaran perempuan dengan laki-laki. Sehingga mereka yakin bahwa yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan tuntutan agama mereka.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana peran ganda perempuan terhadap peran domestick dan perannya sebagai petani perempuan. Hasil dari pekerjaan mereka sebagai petani dibuktikan dengan beberapa penghasilan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga sekaligus sebagai sosial ekonomi untuk sumbangan masjid dan lain-lain. Dari penelitian ini menfokuskan petani perempuan yang terlibat dalam produksi pertanian padi dari panen hingga pasca panen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Petani, Perempuan; Pertanian, Hasil
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 28 May 2020 00:35
Last Modified: 29 May 2021 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics